Gigi Mulut

Penyebab Gigi Berlubang?

KlikDokter, 06 Jan 2010

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penyebab Gigi Berlubang?

Penyebab Gigi Berlubang?

Sumber: Klikpdpi.com

Penyakit gigi berlubang atau karies gigi disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk sehingga terjadi akumulasi plak yang mengandung berbagai macam bakteri. Kini, para peneliti berhasil membuktikan bahwa bakteri penyebab gigi berlubang sebenarnya berasal dari usus kita.

Bakteri Bifidobacterium dentium Bd1 merupakan bakteri penyebab karies. Menurut para ahli seperti dimuat dalam jurnal PLoS Genetic, bakteri ini sejatinya hidup di usus dan memberikan dampak positif, seperti membantu sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imun.

Namun, bakteri yang semula baik ini ternyata juga mampu beradaptasi di lingkungan mulut. Ia juga mampu bertahan dari asam yang diubahnya dari glukosa dan karbohidrat makanan. Asam ini pada akhirnya akan merusak struktur gigi hingga berlubang.

Untuk mencegah kerusakan gigi dan komplikasi penyakit, perawatan kebersihan gigi mutlak diperlukan. Mulut sebenarnya mempunyai sistem pembersihan sendiri, yaitu air ludah. Namun, dengan beragamnya jenis makanan yang kita konsumsi, kita perlu menggunakan sikat gigi dan pasta gigi untuk mencegah plak yang biasa terdapat di sela-sela gigi.

Gigi berlubang

Konsultasi Dokter Terkait