HomeIbu Dan anakKehamilanBerapa Lama Nyeri Luka Operasi Caesar Akan Hilang?
Kehamilan

Berapa Lama Nyeri Luka Operasi Caesar Akan Hilang?

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, 14 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Melahirkan lewat operasi caesar kerap menimbulkan rasa nyeri pada bagian luka operasi.

Berapa Lama Nyeri Luka Operasi Caesar Akan Hilang?

Nyeri seperti tersayat, kram, rasa panas, atau kebas di sekitar luka operasi caesar sering dikeluhkan oleh wanita yang baru saja bersalin. Kadang nyeri yang dialami sampai menyebabkan mereka tidak berani bergerak dan akhirnya mengganggu proses menyusui.

Nyeri di sekitar luka operasi caesar merupakan hal yang wajar terjadi. Nyeri luka operasi caesar pada satu wanita dengan wanita lainnya berbeda- beda, tergantung pada panjangnya luka, proses penjahitan luka, kondisi psikologis wanita tersebut, dan berbagai hal lainnya.

Perlu diketahui, luka operasi caesar akan hilang perlahan-lahan. Sebagian besar, seseorang sudah tidak merasakan nyeri dalam kurun waktu enam minggu setelah melahirkan. Sedangkan untuk masalah rasa kebas, pegal, atau gatal di sekitar luka operasi dapat berlangsung hingga enam bulan.Bila hal tersebut terjadi kepada Anda, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Dengan demikian Anda akan mendapatkan tindakan medis dengan pemberian antinyeri untuk membantu kembali beraktivitas dan merawat bayi dengan baik.

Usahakan untuk tetap melakukan aktivitas ringan seperti berjalan, mengganti popok bayi, menjemur bayi. Hal tersebut justru turut membantu mempercepat penyembuhan luka. Selain itu hindari aktivitas yang dapat memperlambat penyembuhan luka –seperti mengangkat koper atau benda berat lainnya.

Nyeri pada luka operasi Caesar memang terkesan menakutkan bagi sebagian wanita. Tetapi jangan khawatir, nyeri tersebut perlahan akan menghilang jika telah menjalankan saran di atas.

(DA/ RH)

Ibu melahirkanNyeri Luka OperasiPersalinan Cesar

Konsultasi Dokter Terkait