HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Daun Serai Bagi Kesehatan
Diet dan Nutrisi

Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan

dr. Anita Amalia Sari, 30 Jan 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain digunakan sebagai penyedap rasa dan bumbu masakan, daun serai juga bermanfaat bagi kesehatan? Penasaran?

Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal daun serai? Daun serai merupakan salah satu bahan rempah yang kerap digunakan sebagai penyedap rasa dan bumbu suatu masakan. Tak hanya itu daun serai juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Daun serai yang memiliki nama latin Cymbopogon citratus merupakan tanaman yang banyak dijumpai di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Jadi wajar bila daun serai banyak digunakan dalam makanan di Indonesia. Selain untuk makanan, minyak dari tanaman ini juga kerap digunakan dalam aromaterapi, pewangi pada sabun dan kosmetik.

Daun serai memang sangat bermanfaat. Nah, berikut manfaat daun serai bagi kesehatan:

1. Antioksidan

Minyak esensial yang terdapat di daun serai dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Seiring berjalannya waktu, radikal bebas dapat merusak sel di dalam tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kronis seperti aterosklerosis –penyumbatan pembuluh darah- dan penyakit jantung.

Sebuah riset yang dipublikasi di Biochemichal and Biophysical Research Communications pada tahun 2003 menemukan bahwa citral -minyak esensial dalam daun serai- turut bekerja dalam mendetoksifikasi radikal bebas. Namun, riset ini masih membutuhkan penelitian lanjut.

2. Antimikroba

Daun serai dipercaya dapat membantu mencegah pertumbuhan beberapa jenis bakteri dan jamur. Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Contemporary Dental Practice pada tahun 2012 menemukan bahwa ekstrak minyak dari daun serai dapat menghambat pertumbuhan bakteri streptococcus di laboratorium.

Selain itu, berdasarkan riset yang dipublikasikan tahun 2009, larutan serai yang dikonsumsi tiga kali sehari selama 10 hari didapati lebih efektif dibandingkan pengobatan anti jamur dalam menangani infeksi jamur di mulut. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut dalam skala besar.

Selain itu, daun serai juga mengandung senyawa lain yang dipercaya dapat mengurangi nyeri, menurunkan demam, membantu menurunkan kolesterol, membantu mengatasi kram dan nyeri perut. Bahkan daun serai juga dipercaya dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan nyeri kepala.

Nah, ternyata banyak sekali kandungan yang terdapat pada daun serai untuk kesehatan. Saat ini tergantung Anda bagaimana memanfaatkan daun serai itu sendiri berguna bagi kesehatan.

(DA/ RH) 

Kesehatan TubuhManfaat Daun SeraiBahan Masakan

Konsultasi Dokter Terkait