Kesehatan Umum

8 Hal yang Bikin Pasangan Anda Ngorok

dr. Theresia Rina Yunita, 30 Jan 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pasangan Anda punya kebiasaan ngorok atau mendengkur? Anda pasti sering merasa kesal karena hal ini, kan! Tapi apa penyebabnya?

8 Hal yang Bikin Pasangan Anda Ngorok

Ngorok atau dengkur merupakan suara yang dihasilkan akibat getaran yang timbul ketika udara melewati hidung dan mulut bagian belakang (pernapasan bagian atas). Mendengkur biasanya terjadi saat seseorang tertidur.

Hal ini dapat menandakan adanya suatu penyakit serius atau masalah pada rongga pernafasan Anda. Apa saja masalah tersebut? Berikut beberapa di antaranya:

Penyakit apnea tidur

Penyakit ini merupakan gangguan bernapas yang terjadi saat tidur, dimana seseorang berhenti bernapas beberapa detik hingga menit. Akibatnya aliran oksigen dalam darah pun ikut terganggu sehingga Anda mungkin merasakan mudah lelah saat beraktivitas keesokan harinya.

Kelainan anatomi mulut

Rendahnya letak langit-langit, tebalnya atap langit-langit serta pembesaran tonsil (amandel) menyebabkan jalan napas menjadi lebih sempit. Hal inilah yang memicu terjadinya getaran saat udara lewat.

Obesitas

Orang dengan kelebihan berat badan cenderung memiliki timbunan lemak di tenggorokan. Akibatnya, jalan napas pun mengecil.

Kelainan pada hidung

Adanya sumbatan pada hidung saat pilek. Atau bisa juga pada rhinitis alergi, dimana sumbatan terjadi secara kronik dan menghambat aliran udara yang masuk melalui hidung. Selain itu deviasi septum atau bengkoknya tulang pembatas rongga hidung kiri dan kanan dapat menimbulkan keluhan yang serupa.

Konsumsi alkohol, obat tidur atau obat antidepresan

Konsumsi alkohol, obat tidur atau obat antidepresan menyebabkan relaksasi pada otot termasuk otot-otot di sekitar leher serta lidah. Akibatnya lidah turun kebelakang tenggorokan dan menutupi jalan nafas.

Posisi tidur

Posisi tidur juga ikut memengaruhi. Tidur dengan posisi terlentang membuat lidah jatuh mengikuti gravitasi sehingga jalan nafas menjadi lebih sempit. Tidak heran jika pada posisi ini suara dengkuran terdengar lebih keras.

Konsumsi rokok

Rokok dapat menyebabkan inflamasi atau pembengkakan pada daerah tenggorokan yang menyebabkan jalan nafas menjadi lebih sempit.

Penuaan

Seiring bertambahnya usia menyebabkan relaksasi pada otot-otot pernafasan termasuk lidah. Ini merupakan proses yang normal terjadi pada orang dengan usia lanjut.

Jangan remehkan kebiasaan mendengkur ini. Bila pasangan Anda –atau justru Anda sendiri memiliki kebiasaan ini, berkonsultasilah pada dokter. Dengan demikian Anda akan mendapatkan solusi tidur yang lebih berkualitas.

(RH)

mengorokngorokmendengkur

Konsultasi Dokter Terkait