Sukses

Bisakah HIV Menular Lewat Toilet Umum?

Berbagai mitos dan fakta berkembang di masyarakat tentang cara dan media penularan virus HIV. Namun, apakah toilet umum salah satunya?

Hingga saat ini HIV masih menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat Indonesia. Publik dapat dengan mudah mendapatkan beragam informasi tentang cara dan media yang dapat menjadi sarana penularan virus HIV.

HIV merupakan virus yang menyerang kekebalan tubuh seseorang dan mudah ditularkan melalui kontak langsung darah dan cairan seksual. Tiga cara yang menjadi media penularan HIV tertinggi di Indonesia yakni kontak seksual lawan jenis yang positif HIV, narkoba suntik, kontak seksual sejenis yang positif  HIV

Kementerian Kesehatan RI sendiri mencacat setidaknya ada 35 juta penderita di Indonesia, dengan penularan tersering melalui hubungan seksual lawan jenis.  Selain fakta tersebut, ada banyak rumor mengenai pemularan virus HIV. Seperti keyakinan sebagian orang bahwa virus tersebut dapat menular lewar toilet umum.

Kenyataannya, virus HIV tidak dapat bertahan lama di udara bebas. Dalam hitungan menit, virus sudah tidak dapat menular pada orang lain. Untuk dapat menularkannya pun diperlukan jumlah virus (viral load) yang cukup banyak.  Sedangkan toilet yang tampak bersih umumnya tidak mengandung jumlah virus sebanyak itu.

Jadi perlu diluruskan bahwa HIV tidak menular melalui aktivitas harian seperti berjabat tangan, penggunaan alat makan bersama, gigitan nyamuk, dan berenang di kolam renang umum. Begitu juga lewat toilet umum.

Hal terpenting yang patut untuk diingat adalah jangan sampai penderita  dihindari dan disingkirkan. Apalagi hingga dikucilkan. Dengan mengetahui fakta penularan HIV, Anda tidak perlu lagi ragu saat harus beraktivitas sehari- hari dan berinteraksi dengan penderitanya.

(DA/ RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar