Sukses

Tekanan Darah Tinggi? Hati-Hati Diabetes!

Tahukah Anda bahwa tekanan darah tinggi berhubungan erat dengan diabetes? Cari tahu selengkapnya di sini.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Penyakit ini tidak bisa dianggap remeh, karena berhubungan erat dengan diabetes. Kok bisa?

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah penyakit yang umumnya disebabkan oleh pola hidup tidak sehat. Meski berbahaya, tekanan darah tinggi sebenarnya dapat dicegah. Caranya dengan menerapkan pola hidup sehat, berolahraga dan cukup istirahat harian. Selain itu perlu juga menghindari stres.

Tekanan darah tinggi termasuk ke dalam sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah kumpulan gejala yang saling berbuhungan satu sama lain, seperti tekanan darah tinggi, gangguan kadar lemak darah (dislipidemia), penyakit gula darah (diabetes), dan kegemukan.

Sindrom metabolik itu sendiri merupakan tersangka dari berbagai gangguan kesehatan modern. Mulai dari gangguan kesuburan hingga masalah yang mengancam nyawa, seperti penyakit jantung dan stroke.

Tekanan Darah Tinggi dan Diabetes

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, tekanan darah tinggi dan diabetes adalah kondisi yang saling berhubungan. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengalami tekanan darah tinggi berisiko 3 kali lipat lebih besar mengalami penyakit diabetes dalam 5 tahun, dibandingkan dengan yang memiliki tekanan darah normal.

Namun demikian, tidak semua penderita tekanan darah tinggi akan mengalami diabetes. Pasalnya, kejadian tersebut bergantung pada beberapa faktor, salah satunya bagaimana kontrol terhadap tekanan darah.

Artinya, jika Anda adalah penderita tekanan darah tinggi, namun bisa mengontrol tekanan darah dengan baik, maka risiko untuk mengalami diabetes semakin kecil. Jika sebaliknya, maka risiko Anda mengalami diabetes semakin besar.

Jadi, jika Anda adalah penderita tekanan darah tinggi, jangan lupa untuk mengontrol tekanan darah Anda secara baik dan benar, ya. Dengan begitu, Anda akan terhindar komplikasi berupa penyakit berbahaya yang mengancam nyawa.

Ayo, hidup sehat dan terbebas dari tekanan darah tinggi maupun diabetes!

(NB/ RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar