Diet dan Nutrisi

Jangan Lupa Sarapan! Ini Alasannya

dr. Kartika Mayasari, 22 Jan 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada alasan bagus mengapa Anda harus sarapan setiap pagi. Penasaran alasannya? Cari tahu di sini!

Jangan Lupa Sarapan! Ini Alasannya

Tak ada waktu. Itulah alasan yang membuat banyak orang melupakan sarapan begitu saja. Bahkan, tak sedikit yang menganggap sarapan sebagai hal biasa dan bisa disepelekan begitu saja.

Perlu diketahui, sarapan adalah makan dan minum di pagi hari yang tidak hanya wajib dilakukan oleh anak-anak saja. Tetapi mereka yang sudah dewasa, atau bahkan orang tua.

Pasalnya, sarapan menyimpan sejuta manfaat, yang jika ditinggalkan akan menyebabkan kerugian pada diri sendiri.

Inilah manfaat sarapan bagi tubuh Anda:

  1. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Setelah tidur berjam-jam di malam hari, tubuh membutuhkan lebih banyak asupan vitamin dan mineral di pagi hari. Nah, sarapan sangat berkontribusi dalam hal ini.

Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin dan mineral di pagi hari, tubuh Anda akan lebih berenergi. Dengan begitu, Anda akan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas selanjutnya.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Tahukah Anda bahwa sarapan bermanfaat meningkatkan kemampuan otak? Ini karena sarapan membantu tubuh mengontrol kadar glukosa tetap normal. Di mana glukosa ini adalah satu-satunya bahan bakar yang digunakan oleh otak.

Jadi, apabila kada glukosa normal, otak dapat bekerja dengan maksimal. Dengan begitu, kemampuan otak Anda juga akan optimal.

  1. Mengontrol berat badan

Di saat persediaan makanan di dalam tubuh sudah sangat berkurang, kalori akan dibakar secara perlahan untuk menghemat energi. Dalam hal ini, sarapan membantu proses metabolisme kembali ke tahap normal, sehingga kalori yang dibakar menjadi lebih efisien.

Untuk kasus ini, Anda disarankan untuk menyantap karbohidrat kompleks –seperti oatmeal, kentang, jagung dan sejenisnya– saat sarapan.

Nah, ternyata sarapan yang selama ini Anda anggap sepele menyimpan sejuta manfaat! Mulai saat ini, jangan lupa sarapan, ya!

(NB/ RH)

Manfaat SarapanMenu Sarapan

Konsultasi Dokter Terkait