HomeInfo SehatJantungMengetik Sambil Berdiri Bisa Cegah Penyakit Jantung?
Jantung

Mengetik Sambil Berdiri Bisa Cegah Penyakit Jantung?

dr. Dyan Mega Inderawati, 18 Jan 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak hanya urusan bakar kalori, mengetik komputer sambil berdiri juga dapat mencegah penyakit jantung!

Mengetik Sambil Berdiri Bisa Cegah Penyakit Jantung?

“Sitting is the new smoking”. Slogan ini cukup membuat heboh dunia barat. Berbagai penelitian menjadi dasarnya, termasuk riset yang dilakukan oleh Owen N., dkk.

Dalam risetnya, setiap jam yang dihabiskan untuk duduk ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebanyak 18%. Pada mereka yang menghabiskan lebih dari 4 jam duduk, risiko ini akan meningkat hingga 125%.

Bayangkan berapa kali lipat risikonya jika Anda bekerja 8 jam di belakang meja komputer. Bahkan, meskipun Anda berolahraga rutin setelahnya, risiko penyakit jantung pada tidak turun begitu saja.

Atas dasar inilah kemudian para ahli kesehatan terus-menerus melakukan inovasi. Tujuan utamanya menyelamatkan calon korban penyakit jantung dari bahaya terlalu banyak duduk.

Seperti salah satu inovasi yang sudah dikembangkan dan dianggap cukup bermakna. Inovasi tersebut adalah ide menciptakan meja komputer yang memungkinkan penggunanya untuk mengetik sambil berdiri.

Ini dia manfaat mengetik komputer sambil berdiri:

1. Menjaga berat badan tetap ideal

Mengetik komputer sambil berdiri mampu membakar 170 kalori lebih banyak ketimbang duduk. Ini hampir setara dengan 1 porsi nasi putih di menu makan siang Anda.

2. Menurunkan risiko diabetes

Riset membuktikan bahwa mengetik komputer sambil berdiri mampu mengoptimalkan kontrol gula darah dalam tubuh. Dengan terkontrolnya kadar gula darah, risiko terkena diabetes di kemudian hari juga akan semakin rendah.

3. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, semakin lama Anda duduk, semakin tinggi risiko penyakit jantung. Sebaliknya, semakin Anda beraktivitas dengan posisi berdiri dan bergerak, semakin jauh Anda dari ancaman penyakit jantung dan serangan mematikannya di kemudian hari.

4. Mengatasi Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan salah satu keluhan yang paling dialami oleh mereka yang mengetik komputer sambil duduk. Untuk mengatasi masalah ini, mengetik sambil berdiri dapat menjadi salah satu solusinya. 

Sebuah penelitian membuktikan bahwa penggunaan meja yang memungkinkan penggunanya bekerja sembari berdiri mampu mengurangi keluhan sakit leher dan punggung hingga 54%

Yuk, ubah kebiasaan bekerja dengan mengetik komputer sambil berdiri. Dengan konsistensi dan kontinuitas, Anda dapat merasakan sendiri manfaatnya, baik manfaat instan maupun jangka panjang.

Selamat mencoba!

(NB/RH)

Risiko Penyakit JantungCegah Penyakit JantungMengetik Sambil Berdiri

Konsultasi Dokter Terkait