Sukses

Berapa Jumlah Kalori dalam Satu Buah Pisang?

Tak hanya nikmat, pisang juga memiliki beragam manfaat termasuk kandungan kalorinya yang seimbang. Mari kenali jumlah kalori dalam berbagai ukuran pisang.

Pisang memiliki banyak kebaikan di dalamnya. Kandungan gizi dan mineralnya yang melimpah sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Tak hanya itu, pisang kerap menjadi santapan favorit para atlet dan penggemar olahraga. Alasannya, karena buah ini dianggap mampu memberikan energi ketika maupun setelah berolahraga.

Namun, tidak banyak yang mengetahui pasti berapakah jumlah kalori yang terdapat pada pisang. Setiap pisang ternyata memiliki kandungan kalori yang berbeda-beda. Variasi jumlah kalori ini dipengaruhi oleh ukuran pisang. Semakin besar ukurannya, semakin besar pula jumlah kalori yang dimiliknya. Demikian pula sebaliknya.

Berikut adalah kandungan kalori dari berbagai ukuran pisang:

  • Ekstra kecil (kurang dari 6 inci, 81 gram)                   : 72 kalori
  • Kecil (6-7 inci, 101 gram)                                          : 90 kalori
  • Sedang (7-8 inci, 118 gram)                                      : 105 kalori
  • Besar (8-9 inci, 136 gram)                                        : 121 kalori
  • Ekstra besar (9 inci atau lebih, 152 gram)                  : 135 kalori

Bagi Anda yang kesulitan mengukur jumlah kalori pada pisang, tak perlu khawatir. Jumlah kandungan kalori pada pisang berkisar 72-135 kalori, tetapi rata-rata setiap pisang mengandung sekitar 100 kalori.

Lalu, bagaimana dengan kandungan zat-zat di dalamnya? Sekitar 93% dari total kalori pisang berasal dari karbohidrat, 4% berasal dari protein, dan sisanya berasal dari lemak. Selain itu, pisang kaya akan serat, kalium, natrium, magnesium, vitamin C, B2, B6, dan folat.

Hal tersebut membuat pisang tidak hanya baik sebagai sumber energi, tetapi juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Anda pun jadi tidak gampang sakit. Bahkan, pisang juga dapat menurunkan risiko stroke!

Tak heran jika pisang menjadi camilan favorit bagi segala usia. Selain bergizi tinggi, jumlah kalorinya pun terbilang ‘bersahabat’ atau tidak terlampau besar.

Nah, setelah mengetahui jumlah kalori serta kandungan gizinya, sudah saatnya pisang menjadi menu harian pilihan Anda. Langsung dimakan, dijadikan smoothies, atau topping es krim, semua sama enaknya!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar