Sehat dan Bugar

Tip Menghentikan Kebiasaan Ngorok

dr. Kartika Mayasari, 12 Jan 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bosan dibilang sebagai tukang ngorok? Ingin segera terbebas dari kebiasaan mendengkur? Simak tip medis berikut ini.

Tip Menghentikan Kebiasaan Ngorok

Jangan langsung sedih kalau Anda sering ngorok atau mendengkur. Penanganan yang tepat akan membantu Anda menghilangkan kebiasaan buruk itu.

Ini tip medis menghentikan kebiasaan mendengkur:

  1. Ubah posisi tidur

Hindari tidur dengan posisi telentang. Sebab, pangkal lidah akan jatuh ke dinding belakang kerongkongan dan menimbulkan suara bergetar. Tidur dengan posisi miring akan membantu Anda mencegah hal ini terjadi. Jika Anda masih mendengkur setelah melakukan perubahan posisi tidur, mungkin ada sumbatan yang lebih serius.

  1. Turunkan berat badan

Menurunkan berat badan dapat secara efektif mengurangi kebiasaan mendengkur. Berat badan berlebih menyebabkan peningkatan lemak pada daerah leher yang menekan diameter internal kerongkonan, sehingga rongga leher menyempit dan menyebabkan suara dengkuran.

  1. Hindari Konsumsi alkohol

Alkohol dapat mengurangi kontraksi otot bagian belakang kerongkongan. Konsumsi alkohol 4-5 jam sebelum tidur akan memperberat dengkuran.

  1. Hindari lelah berlebihan

Kelelahan dapat menyebabkan Anda masuk ke tahap tidur yang dalam. Di saat yang sama, otot menjadi lebih lemah, sehingga dengkuran lebih mudah timbul.

  1. Buka rongga hidung

Di saat pilek, rongga hidung akan tersumbat. Kondisi ini menyebabkan udara yang keluar membentuk suara dengkuran. Mandi air panas sebelum tidur dapat membantu mengatasi hidung yang tersumbat. Anda juga bisa membilas rongga hidung dengan air garam.

  1. Ganti perangkat tidur secara berkala

Tungau debu yang berakumulasi di bantal, kasur atau guling dapat mencetuskan reaksi alergi, yang menyebabkan Anda mendengkur. Karena itu, sebaiknya Anda ganti seprai, bantal, guling dan selimut secara berkala.

  1. Cukup minum

Ketika tubuh kekurangan cairan, sekret hidung akan menjadi lebih kental. Jika dibiarkan, kejadian ini akan menyebabkan Anda mendengkur saat tidur. Untuk mengatasinya, pastikan kebutuhan cairan harian Anda terpenuhi.

Itulah 7 tip medis untuk mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan mendengkur Anda. Jika setelah melakukan tip di atas dengkuran masih saja terjadi, segera bawa diri untuk berkonsultasi ke dokter.

(NB/RH)

Tip Berhenti MendengkurKebiasaan MengorokHentikan Kebiasaan MendengkurTips Berhenti Mendengkur

Konsultasi Dokter Terkait