HomeGaya hidupDiet dan NutrisiSering Makan Siang di Meja Kerja? Awas Gendut!
Diet dan Nutrisi

Sering Makan Siang di Meja Kerja? Awas Gendut!

dr. Theresia Rina Yunita, 11 Jan 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kamu pekerja kantoran dan sering melewatkan makan siang di meja kerja? Awas gendut! Simak ulasannya di sini.

Sering Makan Siang di Meja Kerja? Awas Gendut!

Apakah pekerjaan menuntut kamu duduk berjam-jam, hingga mengharuskanmu untuk makan siang di meja kerja? Awas, bisa-bisa tubuh kamu jadi melar!

Makan siang di meja kerja bikin gendut? Percayalah, ini bukan hisapan jempol belaka. Penelitian sudah membuktikan hal tersebut. Bahkan, bukan hanya berat badan saja yang meningkat, tetapi kadar kolesterol di dalam darah juga.

Bertambahnya berat badan akibat kebiasaan makan siang di meja kerja disebabkan karena pelakunya lebih banyak mengonsumsi makanan berkalori. Tentu saja hal ini jika dibandingkan ketika kamu pergi makan siang di luar kantor bersama teman-teman.

Coba hitung, berapa banyak camilan yang kamu habiskan dalam sehari saat bekerja? Sebagian besar pasti akan menjawab lebih dari 1 jenis camilan.

Tidak bisa dimungkiri, pekerjaan kerap membuat kamu tidak fokus terhadap jumlah camilan yang sudah disantap. Di sisi lain, makanan berkalori ataupun camilan sering kali dijadikan sebagai imbalan diri atas stres akibat pekerjaan.

Apabila kejadian tersebut berlangsung secara terus-menerus, sudah bisa kamu bayangkan apa yang terjadi selanjutnya? Ya, perut akan semakin gendut.

Belum lagi, jika kebiasaan di atas bersanding dengan kebiasaan terlalu lama duduk. Bukan hanya timbunan lemak di perut saja yang akan terbentuk, risiko penyakit metabolik –seperti hipertensi, kolesterol tinggi dan diabetes– juga akan semakin meningkat.

Nah, jika kamu tidak ingin mengalami kondisi di atas, sebaiknya ubah kebiasaan makan siang di meja kerja sekarang juga. Jika terasa sulit, kamu dapat mengubah menu makan siang dengan yang lebih sehat.

Di samping itu, pastikan juga kamu menyempatkan diri untuk berjalan selama 5 menit agar aliran darah tetap lancar. Berolahraga secara rutin dan teratur, menjauhi alkohol dan rokok juga sebaiknya kamu lakukan.

Meskipun pekerjaan menuntut untuk lebih produktif, namun bukan berarti kamu melupakan kesehatan diri begitu saja. Justru dengan lebih sehat, kamu juga akan lebih produktif!

Selamat makan siang!

Kamu juga bisa konsultasi seputar tips makan siang atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

(NB/RH)

meja kerjamakan sianggendut

Konsultasi Dokter Terkait