Sukses

Kapan Wanita Perlu Pemeriksaan Mamografi?

Pemeriksaan mamografi sudah cukup dikenal sebagai screening untuk mendeteksi kanker payudara. Lantas, kapan sebaiknya wanita mulai melakukan pemeriksaan ini?

Pemeriksaan mamografi memberikan harapan besar untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini. Karena itu, pemeriksaan ini sudah seperti sebuah kewajiban bagi para wanita.

Mamografi adalah suatu pemeriksaan radiologi, yang memeriksa jaringan payudara menggunakan X-ray. Di saat pemeriksaan, payudara akan dipipihkan menggunakan dua plat, lalu difoto menggunakan sinar X. Dengan begitu, ada/tidaknya benjolan pada payudara dapat diketahui, bahkan sebelum benjolan tersebut dapat diraba sendiri oleh pasien.

Merujuk pada American Cancer Society, berikut adalah anjuran pemeriksaan mamografi berdasarkan rentang usia:

  • Usia 40-44 tahun. Pada usia ini, wanita dapat mulai melakukan pemeriksaan mamografi rutin setiap tahun jika bersedia.
  • Usia 45-54 tahun. Pada usia ini, wanita sudah disarankan untuk rutin melalukan pemeriksaan mamografi satu tahun sekali.
  • Usia 55 tahun dan seterusnya. Pada usia ini, wanita disarankan untuk melakukan pemeriksaan mamografi rutin setiap dua tahun sekali. Atau, bisa juga melanjutkan pemeriksaan setahun sekali, seperti pada rentang usia sebelumnya.

Ada beberapa faktor risiko dimana Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan mamografi lebih awal dari rentang usia yang disarankan. Seperti adanya benjolan di payudara atau adanya riwayat keluarga terkena kanker payudara. Pada kasus tersebut, Anda juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan tambahan, seperti MRI atau biopsi.

Pemeriksaan mamografi yang dilakukan secara rutin terbukti mampu menurunkan angka kematian akibat kanker payudara. Dengan demikian, angka harapan hidup akan ikut meningkat.

Oleh karena itu, marilah jaga kesehatan bersama dengan melakukan mamografi secara rutin. Ajaklah keluarga dan teman Anda untuk melakukan pemeriksaan ini bersama-sama.

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar