Sukses

Sering Sariawan, Pertanda Apa?

Sering sariawan? Hobi atau jangan-jangan Anda kurang vitamin atau bahkan kurang nutrisi?

Selain sakit gigi, masalah kesehatan yang sering menyerang organ mulut adalah sariawan. Mulai dari anak bayi sampai dewasa berisiko untuk mengalami sariawan. Namun, Anda harus waspada jika sering mengalami sariawan. Berikut ini beberapa kondisi yang memiliki gejala berupa sariawan:

  • Kekurangan vitamin B12

Seluruh permukaan kulit dan mukosa mulut adalah bagian tubuh yang paling sering mengalami kekurangan vitamin B12. Jika sariawan yang Anda alami disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, atasilah dengan suplemen vitamin B12 atau salep berisi vitamin B12.

  • Kekurangan nutrisi yang baik

Salah satu penyebab dari seringnya sariawan adalah kekurangan zat asam folat, zink, dan zat besi. Kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan serta memperberat sariawan. Karena itu, jagalah asupan nutrisi Anda dalam pola makan sehari-hari, karena makanan sehat bisa mencegah sariawan.

  • Adanya luka pada jaringan di dalam mulut

Sariawan bisa berawal dari luka yang sangat kecil, kemudian lama-lama terus teriritasi sehingga menjadi besar. Luka di dalam mulut umumnya disebabkan karena menyikat gigi terlalu kuat, mengunyah makanan yang keras, pemakaian kawat gigi, pemakaian gigi palsu yang tidak pas, tidak menjaga kebersihan dalam mulut, dan lain-lain.

  • Konsumsi buah tertentu

Buah-buahan memang baik untuk kesehatan, tetapi beberapa buah ternyata dapat menyebabkan atau bahkan memperparah sariawan. Buah-buahan yang bersifat asam seperti jeruk, lemon, dan nanas dapat memicu terjadinya sariawan, terutama bila jaringan tersebut memang sudah rusak atau berpotensi sariawan. Jika sedang mengalami sariawan, hindarilah buah-buahan seperti stroberi, tomat, apel, dan tin.

  • Daya tahan tubuh yang menurun

Pasien dengan daya tahan tubuh yang rendah sangat rentan terkena sariawan. Namun, sulit untuk menentukan hubungan langsung antara sariawan dan daya tahan tubuh. Yang pasti, sistem imun tidak bisa mencegah ataupun menyembuhkan sariawan, sehingga bisa dikatakan bahwa sistem imun adalah salah satu pencetus sariawan.

Berdasarkan The Journal of the American Dental Association, penyebab pasti dari sariawan tidak diketahui. Meski demikian, faktor keturunan bisa menjadi salah satu pemicunya. Agar tidak mengalami sariawan terlalu sering, hindarilah makanan yang pedas, panas, dan bersifat asam. Perhatikan juga aspek-aspek lainnya sehingga Anda bisa terbebas dari sariawan.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar