Kesehatan Umum

Ini Lho 3 Penyebab Mengantuk Setelah Makan Siang

dr. Irma Rismayanty, 02 Jan 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Penasaran kenapa Anda sering mengantuk setelah makan siang? Simak di sini.

Ini Lho 3 Penyebab Mengantuk Setelah Makan Siang

Pernahkah Anda mengantuk usai menyantap makan siang? Kami yakin pasti pernah. Tenang saja, Anda tidak sendirian. Tapi apa sih penyebabnya?

Mengantuk setelah makan siang memang kerap dialami oleh sebagian besar orang. Ada tiga kondisi yang menyebabkan rasa kantuk muncul setelah makan siang:

  1. Meningkatnya hormon insulin, serotonin, dan melatonin

Setelah makan, terutama jika Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan tinggi protein, maka kadar gula di dalam pembuluh darah akan meningkat. Proses ini membuat pankreas mengeluarkan insulin untuk memecah gula, agar dapat digunakan oleh sel-sel yang ada di dalam tubuh.

Nah, meningkatnya produksi hormon insulin dapat menyebabkan asam amino tryptophan pindah ke otak. Selanjutnya otak akan memproduksi serotonin dan melatonin –yang merupakan hormon penyebab timbulnya rasa kantuk.

  1. Meningkatnya proses metabolisme tubuh

Mengonsumsi banyak makanan tinggi karbohidrat, protein dan lemak menyebabkan tubuh bekerja lebih berat dalam mengolah makanan. Ini membuat pembuluh darah lebih terfokus untuk bekerja di bagian perut dibandingkan di otak. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan timbulnya rasa mengantuk.

  1. Ada penyakit dalam tubuh Anda

Makan siang dengan porsi kecil, tidak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, makanan tinggi protein, lemak jenuh atau makanan cepat saji. Sayangnya Anda masih tetap mengantuk usai makan.

Apa yang salah? Bisa jadi rasa mengantuk yang Anda alami adalah gejala dari penyakit anemia, hipotiroid, diabetes, atau alergi makanan.

Sekarang Anda sudah tahu mengapa sering mengantuk setelah makan siang, kan? Jika terjadi terus-menerus, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan Anda. Jangan sampai rasa mengantuk setelah makan yang Anda alami adalah akibat dari penyakit-penyakit berbahaya, yang sudah disebutkan di atas.

(NB/RH)

Baca Juga:

Metabolisme Tubuhmengantukmakan

Konsultasi Dokter Terkait