Sukses

Ada Diabetes di Balik Dua Gelas Minuman Manis

Tahukah Anda bahwa dua gelas minuman manis dalam sehari bisa sebabkan diabetes di kemudian hari?

Pernahkah Anda menghitung berapa gelas minuman manis yang dikonsumsi dalam sehari? Satu gelas? Dua gelas? Atau jangan-jangan lebih dari jumlah tersebut? Awas, diabetes sedang mengintai Anda sebagai korban berikutnya.

Diabetes memang sulit dipisahkan dari sesuatu yang bersifat manis. Ini karena diabetes itu sendiri adalah penyakit metabolik yang berhubungan dengan karakteristik peningkatan kadar gula dalam darah akibat kelainan kerja insulin, produksi insulin, atau keduanya.

Sebuah penelitian di Swedia melibatkan 2800 orang dewasa untuk melihat hubungan antara konsumsi minuman manis dengan diabetes. Hasilnya menyebutkan bahwa mengonsumsi minuman manis lebih dari 200 ml dalam sehari dapat meningkatkan risiko diabetes sebesar 2,4 kali lipat.

Bahkan berita buruk ini tak berhenti hanya sampai di situ saja. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa konsumsi minuman manis 1 liter per hari dapat meningkatkan risiko diabetes 10 kali lipat.

Hal ini disebabkan karena minuman manis dapat menigkatkan kadar gula darah dalam waktu yang singkat. Pasalnya, gula dalam minuman tersebut sangat cepat diserap dalam saluran pencernaan.

Akibatnya, lonjakan kadar gula darah secara ekstrem tidak dapat dihindari. Dalam jangka waktu yang lama, kejadian ini dapat menurunkan sensitivitas hormon insulin dalam tubuh, sehingga terjadilah penyakit diabetes.

Kini Anda tahu fakta pahit di balik minuman manis. Namun bukan berarti Anda harus menghindari minuman jenis ini sama sekali. Hanya saja, ada baiknya kalau Anda membatasinya. Misalnya hanya mengonsumsi 1 gelas minuman manis per hari. Salam sehat!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar