Sukses

Tidak Sarapan Bikin Cepat Lelah, Benarkah?

Tahukah Anda bahwa sarapan merupakan sesuatu yang sangat penting di pagi hari? Karenanya, tidak sarapan bisa bikin cepat lelah. Namun, benarkah demikian? Berikut ulasannya.

Cepat lelah, letih, tidak berenergi untuk beraktivitas bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah nutrisi yang buruk.

Pasalnya, makanan merupakan sumber energi utama, jadi apa yang Anda pilih untuk makan akan berdampak besar bagi performa tubuh Anda.

Pada pagi hari, banyak orang yang langsung berangkat untuk beraktivitas tanpa memenuhi kebutuhan tubuhnya, yakni sarapan. Hal ini disebabkan karena banyak orang yang beralasan tidak mempunyai waktu untuk sarapan. Oleh karena itu, sarapan merupakan waktu makan yang paling penting, namun sering dilupakan.

Apabila seseorang yang tidak pernah sarapan mengalami kelelahan di siang harinya, maka kebiasaan melewatkan sarapan tersebut mungkin menjadi penyebabnya. Sarapan akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti energi baru untuk memulai hari yang baru, membantu mengontrol berat badan, meningkatkan konsentrasi dan performa ketika beraktivitas, serta memberikan kekuatan dan ketahanan ketika melakukan aktivitas yang berat.

Sarapan merupakan suatu hal yang penting bagi semua orang, terutama bagi anak-anak dan remaja. Menurut American Dietetic Association, anak-anak yang sarapan mempunyai performa lebih baik di sekolah karena mempunyai konsentrasi yang lebih baik, kemampuan untuk memecahkan masalah lebih baik, dan koordinasi mata-tangan yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak sarapan.

Mengapa bisa demikian? Sarapan dengan makanan yang sehat dapat menurunkan rasa lapar sepanjang hari dan membuat seseorang memilih makanan yang sehat saat makan selanjutnya.

Bagaimana dengan pemilihan makanan yang sehat untuk sarapan? Pilihlah makanan yang kaya akan protein. Pasalnya, dengan menambah protein di dalam porsi sarapan Anda, maka performa aktivitas kita di siang hari akan meningkat. Selain itu, hal tersebut juga akan membuat Anda tidak akan cepat merasa lelah.

Sarapan yang kaya protein akan menjaga rasa kenyang hingga waktu makan siang. Sarapan dengan telur merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk mencukupi kebutuhan protein di pagi hari. Pasalnya, telur merupakan salah satu sumber protein yang paling baik.

Sebuah studi yang dilakukan di Pennington Biomedical Research Center pada tahun 2007 menunjukkan bahwa wanita yang sarapan dengan mengonsumsi 2 butir telur selama 2 bulan mengalami penurunan berat badan sebesar 65%, penurunan lingkar perut sebesar 83%, mempunyai energi yang lebih banyak, dan kadar kolesterol yang sama dibandingkan dengan wanita yang memakan roti ketika sarapan.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi telur akan merasa lebih kenyang. Selain itu, mengonsumsi telur di pagi hari juga akan membuat konsumsi kalori yang lebih rendah ketika siang hari dibandingkan dengan orang-orang yang mengonsumsi karbohidrat tinggi di pagi hari, seperti roti.

Terlebih lagi, konsumsi protein tinggi ketika sarapan di pagi hari akan menyebabkan otot menjadi lebih kuat dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan. Otot yang lebih kuat akan membuat metabolisme menjadi lebih aktif dan akan membantu dalam penurunan berat badan.

Oleh karena itu, janganlah melewatkan sarapan di pagi hari karena sarapan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Ingat, pilar kesehatan adalah tidur, makan, dan olahraga secara teratur. Jadi, tidurlah 7-9 jam per harinya, mengonsumsi makanan bergizi – seperti buah, sayur, dan protein, serta berolahragalah secara rutin dan teratur.

0 Komentar

Belum ada komentar