Sukses

Benarkah Cuaca Berpengaruh pada Terjadinya Kesemutan?

Cuaca memang sering dikaitkan sebagai pencetus terjadinya kesemutan. Namun, benarkah cuaca berpengaruh pada terjadinya kesemutan? Berikut info medisnya.

Rasa kesemutan biasanya terjadi di tangan ataupun di kaki. Rasa kesemutan tersebut biasanya berlangsung secara sementara, namun ada juga yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Pada beberapa kasus, rasa kesemutan di tangan ataupun di kaki bukan merupakan sesuatu yang perlu diwaspadai. Akan tetapi, apabila kesemutan berlangsung dalam jangka waktu yang lama, Anda harus waspada dan mencari tahu apakah ada penyakit yang mendasarinya atau tidak.

Penting untuk Anda ketahui, rasa kesemutan yang terjadi disertai dengan gejala lain, seperti nyeri, gatal, dan rasa baal merupakan tanda dari terjadinya kerusakan saraf atau biasa disebut neuropati perifer.

Neuropati perifer merupakan kerusakan saraf-saraf tepi yang menyebabkan tangan atau kaki akan mengalami rasa nyeri, kesemutan, atau baal. Gejala lain dari neuropati perifer ini di antaranya adalah rasa panas, kesemutan di kaki atau tangan, baal terhadap suhu, terlalu sensitif terhadap sentuhan, nyeri seperti ditusuk-tusuk, otot lemah dan sulit berkoordinasi.

Rasa kesemutan juga bisa disebabkan oleh pengaruh cuaca. Kondisi yang terlalu panas, misalnya pada kondisi kaki yang memakai sepatu terlalu ketat, bisa memicu terjadinya neuropati perifer.

Selain udara panas, udara dingin juga dapat menyebabkan terjadinya kesemutan. Pasalnya, paparan udara yang terlalu dingin bisa menyebabkan sindroma Raynaud. Sindroma Raynaud adalah suatu keadaan penyempitan pembuluh darah di jari tangan, jari kaki, telinga dan ujung hidung karena paparan udara yang terlalu dingin.

Penyempitan pembuluh darah tersebut akan menyebabkan bagian tubuh yang terkena menjadi baal, kesemutan, dan mengalami perubahan warna –misalnya dari putih menjadi biru lalu kemerahan. Hal tersebut dapat terjadi akibat pembuluh darah yang membawa darah ke kulit mengalami penyempitan yang ekstrim sehingga sirkulasi darah menjadi terganggu.

Yang bisa Anda lakukan agar tidak mengalami neuropati perifer akibat perubahan cuaca, adalah:

  • Hindarilah menggunakan sepatu yang terlalu ketat. Penggunaan sepatu yang terlalu ketat akan menyebabkan rasa nyeri dan kram. Oleh karena itu, gunakanlah sepatu yang nyaman dan fleksibel.

  • Hindarilah udara dengan suhu yang terlalu dingin/panas. Banyak orang menyebutkan bahwa neuropati purifier ini akan memburuk ketika Anda terpapar udara yang terlalu panas, atau ketika kaki Anda dibalut sepatu yang terlalu sempit sehingga menghambat sirkulasi udara dan berakibat pada timbulnya rasa panas di kaki.

  • Pijat berkala tangan atau kaki Anda. Pijatan pada tangan atau kaki akan meningkatkan sirkulasi dan menyebabkan relaksasi sehingga akan meningkatkan endorphin, zat yang dapat membantu meringankan rasa nyeri.

  • Gunakanlah sarung tangan dan kaus kaki pada udara yang dingin.

  • Gunakanlah pakaian yang nyaman dan tebal, terutama untuk bagian tangan bawah. Hal ini dilakukan karena tubuh yang hangat akan membuat sirkulasi berjalan dengan baik sehingga dapat mengurangi rasa nyeri.

0 Komentar

Belum ada komentar