Sukses

Kesemutan Saat Menyetir: Penyebab dan Solusinya

Kesemutan saat menyetir bisa saja menyerang, dan membuat Anda panik. Kenali penyebab dan solusi kesemutan saat menyetir oleh dr. Dewi Ema Anindia berikut ini.

Rasa kesemutan yang muncul di tangan merupakan gejala yang cukup sering muncul. Terkadang, hal ini dapat menggangu, terutama saat Anda menyetir karena bisa menumbulkan rasa kepanikan tersendiri.

Pada beberapa kasus kesemutan, keluhan kesemutan ini dapat menjadi keluhan sementara dan juga keluhan yang tetap.

Pada umumnya, rasa kesemutan di tangan sering kali disebabkan oleh adanya kerusakan di urat saraf yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Rasa kesemutan ini disebut sebagai neuropati perifer.

Beberapa jenis penyebab dari kesemutan saat Anda menyetir, antara lain:

  • Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyebab tersering terjadinya neuropati perifer. Rasa kesemutan akibat diabetes bisa juga muncul pada daerah kaki. Gejala kesemutan yang Anda alami bisa saja menjadi gejala awal dari diabetes.

  • Saraf yang terjepit

Pada beberapa kasus saraf yang terjepit, seperti penyakit carpal tunnel syndrome, ulnar palsy, peroneal palsy dan radia palsy merupakan beberapa penyakit dimana terjadi penyumbatan saraf di beberapa lokasi di tangan. Penyakit ini tentu saja bisa menyebabkan rasa kesemutan.

  • Penyakit sistemis

Beberapa penyakit sistemis yang bisa menyebabkan rasa kesemutan di tangan adalah kelainan ginjal, penyakit hati, kerusakan vaskulat, hingga gangguan hormonal serta penyakit kanker dan tumor.

  • Kekurangan Vitamin

Vitamin E, B1, B6, B12 dan niacin merupakan jenis nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan saraf. Kekurangan vitamin-vitamin jenis ini bisa menimbulkan keluhan berupa rasa kesemutan.

  • Racun dan beberapa bahan kimia

Beberapa jenis bahan kimia, seperti besi, arsen, merkuri, dan talium bisa menimbulkan rasa kesemutan. Selain itu, beberapa jenis obat-obatan untuk kemoterapi, antivirus dan antibiotik juga terkadang bisa menimbukan rasa kesemutan.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hal ini adalah dengan mengobati penyakit yang mendasari terjadinya hal ini. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin seperti jenis vitamin B1, B6 serta B12.

Saat Anda mengalami keluhan kesemutan saat menyetir, Anda bisa mencoba berhenti menyetir sebentar dan meluruskan tangan Anda. Cobalah untuk mengganti posisi tangan Anda dan janganlah panik. Apabila keluhan kesemutan Anda sering muncul, Anda bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter untuk memastikan kondisi tubuh Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar