Sukses

Cepat Lelah Saat Hamil? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya.

Kenali penyebab cepat lelah saat hamil. Kenali juga bagaimana cara mengatasinya.

KlikDokter.com - Kondisi lelah saat hamil merupakan keluhan yang umumnya sering terjadi. Pada beberapa wanita, keluhan rasa lelah saat hamil dapat muncul selama masa kehamilan dari trimester pertama hingga trimester ketiga. Namun, pada beberapa wanita rasa lelah saat hamil tersebut tidaklah muncul. Lelah saat hamil seringkali muncul pada trimester pertama. Keluhan lelah saat hamil biasanya dapat hilang pada trimester kedua dan akan kembali pada trimester ketiga.

Berikut penjelasannya:

  • Trimester Pertama

Lelah saat hamil yang muncul pada trimester pertama berhubungan dengan perubahan hormonal. Pada trimester pertama kadar gula darah dan tekanan darah pun dapat turun. Hormon seperti progesteron merupakan hormon penyebab rasa kantuk saat hamil. Perubahan hormonal juga disebutkan menjadi penyebab rasa lelah saat hamil.

  • Trimester Kedua

Pada trimester kedua, kemungkinan tingkat energi Anda dapat meningkat. Namun pada beberapa orang tetap akan muncul rasa lelah saat hamil pada trimester kedua.

  • Trimester Ketiga

Pada trimester terakhir, rasa lelah saat hamil dapat kembali muncul. Karenanya, pada trimester ini dapat terjadi peningkatan berat badan yang berasal dari bayi serta meningkatnya frekuensi berkemih dapat membuat Anda kekurangan tidur.

Lelah saat hamil dapat diatasi dengan beberapa cara, yakni:

  • Istirahat

Pastikan bahwa Anda cukup tidur terutama saat Anda merasa lelah. Hal ini bisa dicapai apabila Anda tidur lebih cepat di malam hari dan selingi dengan tidur sebentar di siang hari. Mengurangi jumlah cairan yang dikonsumsi sebelum tidur juga bisa mengurangi diri Anda untuk ke kamar mandi sehingga tidur malam Anda tidak terganggu.

  • Makan Teratur

Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dapat mengurangi rasa lelah saat hamil, karena hal tersebut menjadikan tingkat energi meningkat. Ingatlah untuk selalu mengonsumsi zat besi, protein dan kalori dalam jumlah yang cukup. Pastikan juga hidrasi Anda cukup selama kehamilan dengan mengonsumsi air putih secukupnya.

  • Aktivitas Fisik

Walaupun Anda tidak memiliki energi untuk melakukan aktivitas fisik, cobalah untuk melakukan aktivitas fisik semampu Anda. Disebutkan bahwa melakukan aktivitas fisik dengan intensitas ringan dan sedang seperti berjalan setiap harinya selama 20 sampai dengan 30 menit bisa mengurangi rasa lelah saat hamil. Lakukanlah aktivitas fisik apabila kondisi kehamilan Anda mendukung.

  • Kurangi Waktu Bekerja Anda

Kegiatan atau pekerjaan Anda selama Anda hamil justru memperberat kondisi kondisi Anda sehingga menyebabkan lelah saat hamil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurangi kegiatan ataupun pekerjaan Anda. Hal tersebut bisa anda lakukan dengan meminta seseorang untuk membantu pekerjaan atau kegiatan Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar