Kesehatan Umum

Lemas-Lemas, Gejala Mau Sakit atau Sekadar Lelah?

dr. Dewi Ema Anindia, 06 Nov 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Rasa lemas sering dialami oleh banyak orang. Meski tampak sepele, namun hal ini dapat mempengaruhi pekerjaan maupun kehidupan pribadi Anda.

Lemas-Lemas,  Gejala Mau Sakit atau Sekadar Lelah?

KlikDokter.com - Rasa lemas bukanlah suatu penyakit, namun sebuah gejala yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Kondisi tersebut juga bisa menghilang dalam beberapa hari.

Apabila rasa lemas dipicu oleh penggunaan energi yang berlebih, Anda dapat mengatasinya dengan melakukan istirahat, mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, serta minum air putih yang cukup.

Pada kasus yang jarang, rasa lemas bisa disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan, seperti:

  • Permasalahan pada mineral tubuh, misalnya kekurangan kalium atau natrium.
  • Infeksi, misalnya infeksi saluran kemih atau infeksi saluran pernapasan.
  • Gangguan pada kelenjar tiroid, yang berfungsi untuk meregulasi energi pada tubuh.
    • Kadar hormon tiroid yang rendah (hipotiroid) dapat menyebabkan rasa lelah, kelemahan, depresi, penambahan berat badan, dan lain-lain.
    • Kadar hormon tiroid yang tinggi (hipertiroid) dapat menyebabkan rasa lelah, lemas, berkurangnya berat badan, berkeringat, hingga kelemahan otot.
  • Sindrom Guillain-Barre, merupakan penyakit saraf langka yang dapat menyebabkan rasa lelah pada kaki, tangan, dan dapat berkembang menjadi hilangnya kekuatan otot.
  • Myasthenia Gravis, merupakan suatu kondisi yang jarang muncul dimana gejalanya beruppa rasa lemas dan kelalahn otot.

Apabila rasa lemas yang Anda rasakan berlangsung lama dan semakin berat, maka kemungkinan bisa disebabkan oleh adanya penyakit. Selain itu, rasa lemas yang muncul bersamaan dengan hilangnya fungsi organ tubuh dapat diakibatkan oleh adanya gangguan pada otak atau tulang belakang. 

Sehat BugarCara SegarCara Menjaga KebugaranLemas Lemas

Konsultasi Dokter Terkait