Sukses

4 Alasan Kenapa Tubuh Sering Lelah

Tubuh sering tak bertenaga padahal pekerjaan dan aktivitas menumpuk. Apa penyebabnya?

KlikDokter.com - Apakah Anda selalu merasa lelah dan tidak bertenaga? Banyak orang yang mengalami hal ini. Namun ternyata untuk memperbaiki energi bukanlah hal yang sulit, cukup dengan mengetahui penyebab dari rasa lelah Anda. Berikut adalah 4 alasan paling sering sebagai penyebab munculnya rasa lelah:

Apa yang Anda konsumsi

Mengonsumsi kopi dan gula dapat membuat Anda semakin lelah, karena dua kombinasi tersebut mampu membuat kadar gula darah naik dan turun secara cepat. Oleh karena itu, cobalah mengonsumsi makanan yang lebih seimbang yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, dan protein.

Waktu tidur Anda

Banyak sekali orang yang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Apabila Anda salah satunya, usahakan untuk mengurangi kopi dan alkohol pada waktu-waktu sebelum tidur. Matikan televisi Anda sebelum tidur dan usahakan agar kamar tidur Anda selalu dalam suasana tenang.

Berikut beberapa faktor lainnya kenapa Anda sering mudah lemas-lemas:

1 dari 2 halaman

4 Alasan Kenapa Tubuh Sering Lelah

Fatigon Spirit

Berapa banyak Anda berolahraga

Apabila Anda sering merasa lelah, maka gerakkan tubuh Anda lebih sering. Berolahragalah paling tidak 3 jam sebelum waktu tidur malam. Jika Anda berpikir bahwa olahraga bisa membuat Anda semakin lelah, maka Anda salah. Olahraga justru dapat meningkatkan energi. Direkomendasikan agar Anda berolahraga paling tidak 40 menit selama 4 hari dalam seminggu.

Jenis penyakit

Rasa lelah yang berlangsung lama bisa disebabkan oleh beberapa penyakit seperti anemia, kurangnya nutrisi, gangguan hormone tiroid, diabetes, depresi, gangguan tidur, serta penyakit jantung.

Apabila Anda selalu merasa lelah, maka coba terlebih dulu perbaiki makanan, pola tidur, serta melakukan olahraga. Jika Anda masih merasa lelah, bahkan setelah melakukan modifikasi gaya hidup, segeralah periksa diri ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.  

0 Komentar

Belum ada komentar