Sukses

Apa Yang Menyebabkan Kesemutan

Apa Yang Menyebabkan Kesemutan. Kesemutan bukan sekadar kondisi normal semata. Karena bisa jadi kesemutan adalah tanda dari kondisi tubuh terancam penyakit fatal.

KlikDokter.com - Rasa kesemutan di tangan atau kaki merupakan gejala yang sering muncul dan merupakan gejala yang cukup menggangu.

Pada beberapa kasus rasa kesemutan ini bisa berlangsung sebentar misalnya disebabkan oleh tekanan di tangan saat kita menimpa tangan atau pada beberapa kasus bisa menyebabkan rasa kesemutan yang berat dan kronis.

Apa sajakah penyebab rasa kesemutan ini?

  • Bisa Jadi Diabetes
    Penyakit ini merupakan penyebab paling sering neuropathy perifer atau rasa kesemutan. Pada kasus neuropathy diabetes rasa kesemutan biasnaya dimulai di telapak kaki dan menyebar ke atas. Hal ini biasanya terjadi karena ada kerusakan syaraf, pada beberapa kasus rasa kesemutan bisa menjadi pertanda awal diabetes.

  • Kemungkinan Penyakit Sistemik
    Beberapa penyakit sistemik seperti gangguan ginjal, gangguan fungsi hati, penyakit pembuluh darah, penyakit jaringan ikat, ketidakseimbangan hormon, kanker dan beberapa jenis tumor bisa menyebabkan penekanan pada saraf.

  • Gejala Kurang Vitamin
    Vitamin E, B1, B6, B12 dan niasin merupakan vitamin esensial yang penting untuk fungsi saraf. Misalnya pada kondisi kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan anemua pernisiosa yang menjadi salah satu penyebab neuropathy perifer.

  • Bisa Jadi Tanda Adanya Infeksi
    Beberapa infeksi seperti Lyme disease,varicella, herpes simpleks, cytomegalovirus, dan HIV/AIDS bisa menyebabkan rasa kesemutan dan gangguan syaraf.

  • Trauma
    Biasanya didahului oleh trauma sebelumnya, yang bisa menyebabkan tekanan pada saraf serta kerusakan saraf yang bisa menyebabkan nyeri dan rasa kesemutan.

Apabila Anda sering merasakan kesemutan coba lakukan konsultasi dahulu ke dokter.  Pada umumnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga  berat badan, melakukan olahraga yang rutin, mengkonsumsi diet yang baik, serta mengurangi konsumsi alkohol. Anda juga disarankan untuk berhenti merokok, karena hal ini bisa mempengaruhi struktur pembuluh darah. 

0 Komentar

Belum ada komentar