Sukses

Makanan Sehat Alami Penambah Stamina

Dalam berkegiatan, tubuh Anda memerlukan asupan makanan yang dapat meningkatkan stamina dan konsentrasi. Apa saja makanan-makanan tersebut?

KlikDokter.com – Tubuh Anda membutuhkan energi yang besar untuk mengikuti ritme kehidupan Anda yang sangat padat. Bayangkan saja, serangkaian kegiatan ini Anda lakukan berulang-ulang setiap hari: kemacetan, rapat, mengurus rumah tangga hingga berolahraga.

Nah, apa yang akan terjadi pada tubuh jika ia tidak mendapatkan asupan nutrisi yang benar? 

Aktivitas tidak akan bisa dijalani dengan maksimal jika Anda mengonsumsi makanan yang salah. Misalnya, jajanan cepat saji yang mengenyangkan namun sebenarnya mengandung kalori kosong. Setelah makan hamburger, Anda bukannya merasa bertenaga tetapi malah lemas dan mengantuk. Pasti sebagian dari Anda pernah mengalaminya,  bukan?

Oleh karena itu, pilihlah makanan yang dapat menambah stamina serta energi Anda, seperti yang dijelaskan selengkapnya di halaman selanjutnya berikut ini:

1 dari 2 halaman

Makanan Sehat Alami Penambah Stamina

Fatigon Spirit

  • Kacang-kacangan

Makanan jenis kacang-kacangan mengandung banyak mineral dan besi yang dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Fungsi sel darah merah adalah untuk membawa oksigen ke otot ketika berolahraga serta menjaga stamina.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak mikronutrisi yang sangat penting untuk membangun stamina dan menjaga kadar sel darah merah. Sayuran hijau juga tinggi akan kandungan serat yang membuatnya lama untuk dicerna, sehingga bisa menjaga kadar gula darah tubuh.

  • Pisang

Pisang merupakan sumber energi yang sangat baik, dan sebaiknya pisang dikonsumsi beberapa jam sebelum Anda menjalani kegiatan yang berat. Selain sebagai sumber karbohidrat, pisang juga mampu menstimulasi produksi dari dopamin yang berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus.  

  • Anggur

Anggur mengandung resveratrol yang berfungsi untuk menyediakan energi. Selain itu, buah ini mengandung sedikit gula sehingga bisa meningkatkan energi secara cepat.

  • Quinoa

Makanan jenis ini mengandung 8 asam amino esensial, berbagai vitamin, mineral dan serat. Tak heran bila mengonsumsi quinoa dapat meningkatkan energi  secara cepat.

  • Daging, ikan, ayam, dan telur

Makanan jenis ini mengandung banyak protein yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh, penambahan otot, serta perbaikan sel. Daging akan lama dicerna oleh tubuh, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang sepanjang hari dan berenergi.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin untuk menjaga stamina. Multivitamin seperti apa yang bisa Anda pilih? Beberapa elemen dalam multivitamin seperti BCCA (branched-chain amino acid) dapat membantu pembentukan protein dalam tubuh; L-Carnitine berperan dalam metabolisme lemak di dalam tubuh untuk memproduksi energi; VITAMIN B1, B6 & B12 juga mampu membantu memelihara sel-sel saraf. 

0 Komentar

Belum ada komentar