Kesehatan Umum

Lakukan Ini untuk Mengusir Kantuk Saat Puasa

Klikdokter, 03 Jul 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Lakukan Ini untuk Mengusir Kantuk Saat Puasa. Sebagian besar orang yang berpuasa akan mengalami rasa kantuk pada siang hari. Temukan cara mengatasinya di sini!

Lakukan Ini untuk Mengusir Kantuk Saat Puasa

KlikDokter.com – Hampir semua orang pernah merasakan kantuk saat berpuasa. Ini bisa dikatakan sebagai hal yang “normal”, meski cukup mengganggu aktivitas bila terjadi terus-menerus. Ada beberapa penyebab mengapa orang merasakan kantuk berlebihan saat berpuasa, seperti berkurangnya waktu tidur, mengonsumsi karbohidrat berlebih saat sahur, atau malah karena kurangnya aktivitas fisik.

Untuk mengusir kantuk saat puasa, Anda dapat menerapkan kiat-kiat berikut ini:

  1. Menggeser Jam Tidur
    Usahakan untuk tidak begadang saat bulan puasa. Apabila memungkinkan, segeralah tidur setelah melakukan ibadah Tarawih.

  • Mengonsumsi Sayur dan Buah
    Pada saat sahur, perbanyak konsumsi sayur dan buah. Hindari makanan berlemak dan makanan tinggi gula, karena dapat membuat tubuh Anda lemas pada siang harinya.

  • Menyempatkan untuk Tidur Siang
    Bila memang rasa kantuk tidak tertahankan lagi, sempatkanlah untuk tidur siang di sela-sela waktu istirahat. Waktu 15 menit yang digunakan untuk tidur dapat memberi pengaruh luar biasa terhadap tubuh.

  • Melakukan Aktivitas Fisik
    Jika Anda duduk di depan layar computer selama berjam-jam, tentu akan membuat rasa kantuk semakin menjadi. Lakukan peregangan selama beberapa menit. Selain itu, Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar area kantor selama 10-15 menit.

  • Klik ‘next’ untuk membaca lanjutan artikelnya.

    Lakukan Ini untuk Mengusir Kantuk Saat Puasa

    Fatigon Spirit

    Ingatlah, makanan pada waktu sahur sangat berpengaruh terhadap kondisi Anda pada siang hari. Kurangi makanan yang bersantan, serta makanan dan minuman yang manis ketika sahur. Perbanyak makanan yang kaya akan zat besi seperti daging merah, hati, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Jangan lupa untuk mengonsumsi protein lebih banyak dibandingkan karbohidrat, karena mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak dapat membuat Anda mudah lapar dan mengantuk pada siang hari.

    Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin untuk menjaga stamina. Multivitamin seperti apa yang bisa Anda pilih? Beberapa elemen dalam multivitamin seperti BCCA (branched-chain amino acid) dapat membantu pembentukan protein dalam tubuh; L-Carnitine berperan dalam metabolisme lemak di dalam tubuh untuk memproduksi energi; VITAMIN B1, B6 & B12 juga mampu membantu memelihara sel-sel saraf.

    Selamat berpuasa!

    Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

    Sehat Bugar

    Konsultasi Dokter Terkait