Sukses

Inilah Penyebab Sering Kesemutan dan Cepat Lelah

Anda sering kesemutan dan cepat lelah? Bisa jadi Anda mengalami beberapa gejala penyakit berikut ini.

KlikDokter.com - Gejala kesemutan di tangan atau kaki merupakan gejala yang seringkali muncul, dan terkadang kita hiraukan. Rasa kesemutan bisa disebabkan oleh sesuatu yang tidak berbahaya dan hanya sementara. Di sisi lain, rasa lelah merupakan sesuatu yang seringkali dirasakan oleh seseorang. Rasa lelah bisa disebabkan oleh banyak hal, dari kurang tidur hingga bebrapa jenis penyakit.

Nah, apa sajakah yang menyebabkan rasa lelah dan kesemutan?  Berikut beberapa penyakit penyebab kesemutan:

  • Diabetes

Diabetes merupakan penyebab tersering neropati perifer dimana gejala utamanya adalah rasa kesemutan. Pada penyakit neuropati diabetes rasa kesemutan muncul pertama kali di jari-jari dan akan naik ke kaki, terkadang juga muncul di daerah tangan.

  • Sindroma Gangguan Saraf

Beberapa penyakit seperti carpal tunnel syndrome, ulnar nerve palsy, dan radial nerve palsy.

  • Penyakit Sistemik

Beberapa penyakit seperti gangguan ginjal, gangguan hati, kerusakan pembuluh darah, gangguan keseimbangan hormonal, serta kanker bisa menimbulkan rasa kesemutan.

  • Kekurangan Vitamin

Vitamin E, B1, B6, B12 dan niacin merupakan vitamin esensial untuk kesehatan syaraf. Kekurangan vitamin-vitamin ini bisa menyebabkan gangguan syaraf sehingga bisa muncul keluhan kesemutan.

  • Penyebab Lainnya

Kecelakaan, infeksi HIV/AIDS, infeksi cytomegalovirus, beberapa jenis bahan kimia seperti merkuri serta arsen hingga beberapa penyakit turunan seperti Charcot-Marie-Tooth disease bisa menyebabkan kesemutan.

Selain itu, ada beberapa penyakit lainnya yang sering menyebabkan kelelahan, halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Inilah Penyebab Sering Kesemutan dan Cepat Lelah

Fatigon Spirit

Beberapa penyakit yang sering menyebabkan kelelahan :

  • Kekurangan Tidur

Kekurangan  jam tidur merupakan penyebab kelelahan yang paling sering muncul. Jam tidur normalnya adalah 7-8 jam dalam sehari, dan saat kita kurang tidur maka dapat muncul keluhan lelah.

  • Kekurangan Nutrisi

Kurangnya nutrisi serta kurang konsumsi makanan bisa menyebabkan rasa lelah. Apabila Anda memulai hari Anda dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi seperti kue maka bisa menyebabkan kelelahan. Oleh karena itu, penting untuk konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi terutama untuk sarapan pagi.

  • Anemia

Anemia terjadi saat tubuh kekurangan darah untuk metransport oksigen. Hal ini bisa menyebabkan kelelahan yang kronis. Apabila Anda menderita anemia penting untuk konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan besi seperti dagingm sayuran hijau dan seafood.

  • Diabetes

Saat Anda menderita diabetes, gula akan beredar di pembuluh darah dan tidak masuk ke dalam sel tubuh, hal ini dapat membuat Anda merasa lemas.

  • Depresi

Depresi tidak hanya menyebabkan gangguan emosional, namun juga menyebabkan gangguan fisik. Lelah yang berkelanjutan, nyeri kepaa, hingga berkurangnya nafsu makan merupakan gejala yang dapat muncul pada depresi.

Apabila memang Anda sering merasa lelah dan kesemutan lebih baik Anda melakukan pemeriksaan ke dokter.

Namun selain itu, karena lelah dan kesemutan dapat juga disebabkan oleh kurangnya nutrisi dan vitamin, ada baiknya Anda lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi. Serta perbanyak makanan dengan sumber vitamin B6, B12, B1, C, E serta dengan kebutuhan protein, karbohidrat dan lemak yang cukup.

0 Komentar

Belum ada komentar