Sukses

14 Tips Olahraga dari Para Ahli

14 Tips Olahraga dari Para Ahli

Bagi kebanyakan orang, berolahraga secara teratur dapat menjadi tantangan tersendiri. Terkadang, bahkan untuk memulai olahraga saja sulit. Oleh sebab itu, tips dan trik dari para ahli di bawah ini patut dicoba untuk membantu Anda dalam teratur berolahraga.

1 dari 14 halaman

Jaga konsistensi.

Tidak ada program latihan yang akan berhasil kecuali Anda melakukannya secara konsisten. Oleh sebab itu, aspek paling penting dari olahraga adalah: lakukan tiap hari. Di awal latihan Anda, jangan terlalu khawatir tentang seberapa keras Anda berlatih, atau seberapa cepat ataupun seberapa lama Anda berlari. Yang paling penting Anda lakukan di tahap ini adalah berolahraga setiap hari.

2 dari 14 halaman

Ikuti program latihan yang efektif.

American Council on Exercise (ACE) adalah badan nasional di Amerika yang bekerja di bidang olahraga, termasuk melakukan penelitian dan mengeluarkan panduan. ACE baru-baru ini melakukan survey terhadap 1000 personal trainer mereka mengenai strategi paling bagus untuk menjadi bugar. Hasilnya adalah tiga rekomendasi berikut:

3 dari 14 halaman

Latihan beban atau kekuatan otot.

Melatih otot selama 20 menit sebanyak 2 kali seminggu cukup untuk membantu menjaga kondisi otot Anda.

4 dari 14 halaman

Latihan interval.

Bentuk paling mendasar dari latihan interval adalah 2 menit berjalan dan 2 menit berlari, dimana kedua kegiatan tersebut secara bergantian dilakukan selama durasi tertentu, misalkan 30 menit.

5 dari 14 halaman

Meningkatkan latihan cardio atau aerobik.

Kegiatan aerobik atau cardio seperti berjalan, berlari atau berdansa sebaiknya ditingkatkan hingga mencapai 60 menit atau lebih per hari. Intensitas kegiatan yang dianjurkan adalah intensitas rendah hingga sedang.

6 dari 14 halaman

Tetapkan gol yang realistik.

Tidak perlu terlalu muluk dalam menetapkan tujuan atau gol latihan. Fokuslah terhadap manfaat kesehatan yang Anda ingin capai dan utamakan perilaku atau gaya hidup sehat yang Anda raih dengan berolahraga. Dengan kata lain, jangan kecewa bila Anda belum dapat mengikuti lomba lari 10 km, tetapi biasakanlah berjalan 15 menit setiap harinya lalu tingkatkan waktu dan jarak serta intensitas latihan secara perlahan-lahan.

7 dari 14 halaman

Ajak teman.

Carilah teman atau saudara atau seseorang yang Anda percaya punya keinginan yang sama untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat. Saling mendukung dan berolahraga bersama dapat memacu motivasi dan meningkatkan dorongan untuk terus berolahraga.

8 dari 14 halaman

Buatlah program yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Petenis Martina Navratilova pernah mengatakan bahwa Anda tidak harus pergi ke gym atau bayar peralatan yang mahal untuk menjadi sehat dan bugar. Anda dapat melakukan latihan kekuatan otot sederhana di rumah seperti push up, squat, lunges, dan masih banyak lagi. Lakukan 10-12 kali untuk setiap gerakan dan kemudian tingkatkan repetisi dan setnya seiring dengan waktu dan kekuatan Anda.

9 dari 14 halaman

Nikmatilah.

Pastikan Anda memilih kegiatan yang Anda sukai dan yang mudah dilakukan. Apabila Anda tidak suka berenang, maka jangan memaksakan teratur berenang. Apabila Anda senang panjat tebing tetapi di dekat tempat tinggal Anda tidak ada fasilitas yang mendukung, sebaiknya pilihlan kegiatan yang Anda sukai tetapi lebih mudah dipelihara atau dijaga tetap konsisten.

10 dari 14 halaman

Perhatikan jam.

Jam yang dimaksud disini adalah jam biologis Anda. Lakukan olahraga di saat tubuh Anda merasa paling berenergi. Apabila Anda termasuk orang yang mulai beraktifitas di pagi hari, jadwalkan olahraga pagi. Akan tetapi apabila Anda merasa kesulitan bangun pagi, maka ada baiknya jadwal olahraga Anda dibuat sore atau malam hari.

11 dari 14 halaman

Temui ahlinya.

Apabila Anda baru akan memulai olahraga teratur dan tidak tahu bagaimana memulainya, jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan profesional atau tenaga ahli. Dengan meminta pendapat ahli, Anda dapat menentukan bentuk olahraga apa yang paling tepat untuk Anda dan aspek kebugaran apa yang harus Anda prioritaskan.

12 dari 14 halaman

Carilah inspirasi.

Siapakah yang dapat menginspirasi Anda untuk berolahraga lebih baik dan lebih teratur? Untuk menjaga motivasi Anda dan tetap terdorong untuk berolahraga, cobalah membaca blog, web atau bergabung dengan komunitas yang dapat menunjukkan Anda bagaimana orang lain telah sukses mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat.

13 dari 14 halaman

Sabar.

Ingatlah pepatah bahwa tembok Cina tidak dibangun dalam satu malam. Dalam perjalanan program Anda, pasti akan ada hambatan dan kesulitan diikuti kekecawaan, seperti halnya juga akan ada keberhasilan dan pencapaian yang diikuti kebanggaan. Jangan mudah menyerah! Tetaplah berolahraga dengan baik dan benar, Anda pasti akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

0 Komentar

Belum ada komentar