Sukses

Olah Raga Lancarkan Menstruasi

Olah Raga Lancarkan Menstruasi

Oleh : dr. Jessica Florencia

Dengan  berolah raga, para wanita remaja dan dewasa muda dapat menjadi lebih sehat, memiliki bentuk tubuh yang lebih indah dan menjadi lebih aktif. Dengan menjadi lebih aktif, kesehatan jantung dan pembuluh darah, tulang serta jasmani lebih prima. Selain itu, sebagian besar wanita yang melakukan olah raga dengan teratur  akan mengalami menstruasi yang teratur. 

1 dari 11 halaman

Olah Raga Berat & Menstruasi Tidak Lancar

Namun perlu diperhatikan, olah raga yang terlalu berat sebaliknya justru menyebabkan periode menstruasi yang tidak teratur bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali. Aktivitas fisik yang terlalu berat dapat  mempengaruhi kadar estrogen dalam tubuh sehingga menyebabkan gangguan siklus menstruasi.

2 dari 11 halaman

Olah Raga vs PMS

Dengan berolah raga ringan yang teratur selama kurang lebih 30 menit setiap hari selain dapat berguna bagi siklus haid seorang wanita, juga dapat membantu mengurangi PMS (Pre Menstrual Syndrome).

3 dari 11 halaman

Sports Helps

Olah raga ringan dapat membantu mengatasi mood yang buruk, rasa lelah berlebih dan membantu tubuh agar dapat berisitirahat malam hari dengan lebih baik.

4 dari 11 halaman

Olah Raga = Rekomendasi Ginekolog

The American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan latihan aerobik yang  teratur sebagai olah raga yang dapat membantu meringankan PMS (Pre Menstrual Syndrome).

5 dari 11 halaman

Varian Olah Raga Ringan

Latihan aerobik yang dapat dilakukan dapat bervariasi seperti berenang, lari atau jogging, bersepeda, dan yoga. Olah raga yang disarankan sebaiknya adalah yang tidak mengakibatkan beban fisik terlampau berat dan bersifat relaksasi.

6 dari 11 halaman

Jangan Olah Raga Berat

Berolah raga ketika sedang menstruasi tidak dilarang. Namun hindari untuk olah raga berat & ketika mengalami pengeluaran darah dalam jumlah banyak yang diikuti nyeri.

7 dari 11 halaman

Pilih Olah Raga Paling Cocok

Olah raga yang dapat dipilih ketika mengalami menstruasi adalah seperti berjalan atau jogging, bersepeda dan senam ringan. Dengan melakukan olah raga ringan dapat membantu peredaran darah di sekitar otot rahim dan mengurangi nyeri.

8 dari 11 halaman

Tips Olah Raga Selama Menstruasi #1

Berjalan, berlari atau jogging dapat dilakukan pada pagi hari, kurang lebih 30 menit. Kegiatan perlu dilakukan dengan rileks. Berjalan atau berlari dapat dilakukan dengan sederhana seperti berkeliling di sekitar rumah.

9 dari 11 halaman

Tips Olah Raga Selama Menstruasi #2

Senam ringan atau yoga dapat dilakukan di rumah dengan diiringi musik yang lembut dan menenangkan. Lakukanlah selama 30 menit agar otot-otot perut dan paha menjadi lebih rileks.

10 dari 11 halaman

Tips Olah Raga Selama Menstruasi #3

Bila nyeri saat menstruasi tidak terlalu berat, maka bersepeda dapat menjadi pilihan. Bersepedalah dengan santai selama 30 menit baik sebelum maupun selama menstruasi.

0 Komentar

Belum ada komentar