Diet dan Nutrisi

An Apple A Day, Keeps The Doctors Away!

Klikdokter, 20 Okt 2014

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

An Apple A Day, Keeps The Doctors Away!

An Apple A Day, Keeps The Doctors Away!

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi buah-buahan dan sayur-sayuran dapat menurunkan risiko penyakit kronik. Apel merupakan buah dikonsumsi secara luas dan merupakan buah yang kaya zat fitokimia. Konsumsi buah Apel dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.





 

Kanker

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah Apel dapat menurunkan risiko terjadinya kanker, terutama kanker paru. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sebuah Apel sehari dapat menurunkan risiko terjadinya kanker paru.

 

Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Konsumsi buah Apel bagi wanita dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah sebesar 13%-22%. Dikatakan juga, bahwa konsumsi Apel dapat menurunkan risiko kematian pada penyakit jantung koroner dan infark miokard (serangan jantung).

 

Penyakit Pembuluh Darah Otak

Sebuah penelitian di Finlandia menunjukkan bahwa, mereka yang mengkonsumsi Apel dalam jumlah yang besar memiliki risiko paling rendah untuk mengalami stroke.

 

Asma dan Fungsi Paru

Konsumsi paling sedikit 2 buah Apel dalam seminggu dikaitkan dengan menurunnya risiko terjadi Asma dan baik bagi kesehatan paru secara umum.

 

Diabetes dan Penurunan Berat Badan

Buah Apel juga dapat membantu menurunkan risiko terjadinya diabetes dan membantu penurunan berat badan. Konsumsi apel dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh secara signifikan.

 

Aktivitas Antioksidan

Apel dan Kulit Apel memiliki aktivitas antioksidan yang sangat tinggi. Hal ini tengah diteliti dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker hari dan kanker usus besar. Aktivitas antioksidan ini juga dapat membantu mengatasi radikal bebas dalam tubuh sehingga membantu memperlambat proses penuaan.

Aktivitas Menurunkan Kadar Kolesterol

Pada penelitian terhadap hewan, ditemukan bahwa konsumsi Apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu juga, konsumsi Apel dapat menurunkan penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Pemrosesan Mempengaruhi Manfaat

Pemrosesan buah Apel dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kandungan zat-zat fitokimia di dalam Apel. Komposisi zat-zat fitokimia dalam buah Apel akan berkurang jika apel dijus. Untuk itu, untuk mendapatkan manfaat optimal dari buah Apel, makanlah buah Apel yang segar!

 

Foto

Konsultasi Dokter Terkait