Sukses

Intip Rahasia Awet Muda Mooryati Soedibyo

Berkat racikan jamunya, Mooryati Soedibyo bisa sampai di tempatnya yang sekarang: menjadi pengusaha yang tidak habis-habisnya berkarya. Ia bahkan masih terlihat segar, dinamis, dan meyakinkan. Apa rahasianya?

Sebagai perusahaan jamu dan kosmetika, siapa yang tidak mengenal PT Mustika Ratu? Pendirinya juga sudah tidak asing lagi bagi kita. Dialah Mooryati Soedibyo. Di usianya yang ke-88, ia masih terlihat segar bugar. Senyum tak pernah lepas dari wajahnya, memancarkan kehangatan dan kerendahan hati.

Sebenarnya, apa rahasia Mooryati agar tetap awet muda seperti sekarang?

Mooryati mengaku bahwa ia sudah dicekoki jamu sedari kecil. “Tadinya saya tidak terlalu suka jamu karena rasanya ‘kan pahit, ya. Oleh sebab itu, orangtua saya mengakalinya dengan menambahkan madu atau jeruk nipis. Lama-kelamaan saya jadi suka jamu, apalagi ketika sudah merasakan manfaatnya yang besar,” ujarnya saat ditemui di kediamannya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 15 April 2016.

Baginya jamu tidak hanya bagus untuk kecantikan, tetapi juga kesehatan. Jamu pun bisa diminum sebagai tindakan pencegahan dari sakit. Dan berkat jamu inilah, usaha Mustika Ratu yang dirintisnya sejak 1973 berkibar hingga sekarang. Produk-produknya telah diekspor ke banyak negara.

Ketika ditanya, Mooryati juga tak segan memberikan beberapa resep untuk kecantikan alami. Misalnya, untuk lulur kita bisa menggunakan bahan-bahan seperti kunyit, temu giring, tepung beras, kayu manis. Untuk menghilangkan jerawat agar cepat kering dan tidak meradang, temulawak bisa dijadikan pilihan. Sebelum pergi keluar dan terkena sinar matahari, dulu ia rutin memakai bengkoang dan tepung beras yang dicampur dengan air mawar; jadi apabila terkena panas matahari, maka wajah tidak jerawatan ataupun menimbulkan bekas flek hitam.

Tak lupa, Mooryati menyebut ibunya sebagai salah satu sumber inspirasi. “Dulu saya selalu melihat Ibu saya rajin merawat kecantikan dengan macam-macam bahan alami, kemudian setelah saya melakukan usaha bisnis, saya jadi ingat semuanya. Saya pikir, kenapa saya tidak menerapkan keterampilan yang telah diajarkan pada saya?” ujarnya sembari tersenyum kecil.

Sehari-hari, Mooryati masih tetap aktif dalam berkegiatan serta rutin melakukan olahraga senam osteoporosis. Tidak ada kata diam atau stagnan baginya. Bahkan, ia berhasil menyelesaikan pendidikan doktoralnya di bidang Ekonomi di Universitas Indonesia beberapa tahun lalu. Kini Mooryati sedang mempersiapkan buku biografinya yang tebalnya mencapai 400-an halaman.

Mooryati Soedibyo

Mooryati Soedibyo

Tempat & tanggal lahir:
Surakarta, 5 Januari 1928

KARIR

Pendiri PT. Mustika Ratu Tbk
1975

Dosen Bidang Tata Krama Fakultas Sastra Universitas Indonesia
1988-1990

Ketua Umum Asean Cosmetic Association (ACA)
1993-1995

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat
2004-2009

Anggota Dewan Penasihat SOKSI
2005-Sekarang

PRESTASI

Juara Umum Lomba Tata Rias Cidesco
Canada, Juli 1984

Tenaga Wanita Terbaik DKI Jakarta
1999 dan 2003

Kalpataru DKI Pembinaan Lingkungan
1994

Peraih MURI Sebagai Gelar Doktor Tertua di Indonesia
2008

0 Komentar

Belum ada komentar