Sukses

Lakukan Pekerjaan pada Puncak Kemampuanmu

Gamal Albinsaid (24) merintis sebuah program kesehatan yang luar biasa, yakni Klinik Asuransi Sampah. Klinik Asuransi Sampah adalah sistem asuransi kesehatan mikro berbasis kerakyatan dengan semangat gotong royong melalui pembayaran premi dengan sampah se

Klikdokter.com - Gamal Albinsaid (24) merintis sebuah program kesehatan yang luar biasa, yakni Klinik Asuransi Sampah. Klinik Asuransi Sampah adalah sistem asuransi kesehatan mikro berbasis kerakyatan dengan semangat gotong royong melalui pembayaran premi dengan sampah sebagai sumber pendanaan utama pelayanan kesehatan masyarakat.

Warga cukup menyerahkan sampahnya kepada Klinik Asuransi Sampah sebesar 10.000 rupiah setiap bulan dan bisa menikmati berbagai fasilitas kesehatan. Sampah yang dikumpulkan warga diolah menjadi uang sebagai “Dana Sehat” dengan Metode Takakura dan daur ulang. Dana Sehat tersebut digunakan untuk pelayanan kesehatan secara holistik, yaitu promotif (meningkatkan kesehatan), preventif (mencegah sakit), kuratif (mengobati sakit), dan rehabilitatif (rehabilitasi yang sembuh. Program rintisan Gamal dipayungi oleh organisasi Indonesia Medika, yang juga dipimpinnya. Tidak dinyana, program ini terdengar hingga jauh ke dunia seberang dan menarik perhatian Pangeran Charles dari Inggris. Puncaknya adalah Gamal mendapatkan penghargaan dari HRH The Pince of Wales pada Januari silam lalu. Dari penghargaan itu, Gamal sebagai satu-satunya kontestan dari Indonesia yang mengalahkan 6 finalis lainnya dari seluruh dunia, yaitu Anu Sridharan dari India, Blessing Mene dari Nigeria, Surya Karki dari Nepal, Isabel Medem dari Peru, Curt Bowen dari Guatemala, dan Manuel Wichers dari Mexico. Setelah sebelumnya 7 finalis tersebut melalui pemilihan dan seleksi ketat dari 511 wirausaha yang berasal dari 90 negara lainnya.

Gamal Albinsaid

Penghargaan yang didapatnya sekaligus momentum perolehan hadiah € 50.000 sebagai dukungan finansial dan paket mentoring dari Universitas Cambridge yang dirancang secara individu dari HRH (His Royal Highness - Red) The Pince of Wales, Pangeran Charles. Program penghargaan internasional ini didesain untuk menginspirasi pemuda di seluruh dunia untuk menyelesaikan isu lingkungan, sosial, dan kesehatan. Penghargaan ini mengundang wirausaha yang berusia di 30 tahun ke bawah untuk memberikan solusi yang menginspirasi, praktis, dan jelas untuk membantu mewujudkan sustainability living. "Saya ingin memberikan ucapan selamat hangat saya untuk Gamal Albinsaid untuk inisiatifnya yang menakjubkan," demikian Pangeran Charles dalam acara pemberian penghargaan menuturkan. Pangeran Charles juga menambahkan ,“ide ini menangani dua masalah pada saat yang bersamaan (menangani masalah sampah, untuk menyelesaikan masalah kesehatan).”

Gamal Albinsaid
Gamal Albinsaid (kiri) bersama HRH The Prince of Wales, Charles

Figur pemuda yang senantiasa rendah hati ini tak ubahnya anak muda kebanyakan diseluruh Indonesia. Penuh semangat, kegigihan dan cerdas. Namun yang membedakannya pemuda yang menghabiskan masa kuliahnya di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang ini adalah niatnya yang sarat dengan nilai positif dan kental dengan tulus serta keikhlasan. Dimana sulit dipungkiri, kedua elemen ini sudah menjadi barang langka di bumi pertiwi ini.

“Bagi saya penghargaan itu tidak penting, bahkan berbahaya, bisa merusak keikhlasan. Karena banyak diantara kita memulai pekerjaan dengan niat yang ikhlas, namun tidak banyak diantara kita yang bertahan dengan keikhlasannya. Saya berdo’a dan mohon do’a semoga Allah berikan saya keikhlasan hati dan keistiqomah, serta bisa menjadikan karunia ini kebaikan yang membawa kebaikan lainnya dan memberikan manfaat baik dunia, maupun akherat”. Kata Gamal, ketika ditanya komentarnya terkait penghargaan tersebut.

Gamal Albinsaid, dengan perusahaan Indonesia Medika yang didirikannya juga mulai berfikir memasuki bidang-bidang lain, seperti Sekolah Asuransi Sampah, sehingga masyarakat yang tidak mampu dan tidak terjangkau pemerintah bisa mendapatkan pendidikan dengan membayar sampah.

Gamal juga menyampaikan ilmu yang didapatkannya, “ternyata banyak orang yang peduli dengan orang-orang yang kurang beruntung, bayangkan bila ketujuh finalis tinggal di satu desa yang sama, apa yang akan terjadi? itulah pesan-pesan optimisme yang saya tangkap dan sungguh ketahuilah, kepedulian itu terasa manis,” tuturnya.

Pemuda lincah dan sumringah ini membagi rahasia suksesnya di usia mudanya, yakni cukup dengan berprinsip; “Lakukan Pekerjaan pada Puncak Kemampuanmu.”

Sukses terus, Gamal Albinsaid![](DA)

Gamal Albinsaid

 Gamal Albinsaid, S.Ked.

Malang, 8 September 1989

 

RIWAYAT PENDIDIKAN

S2 Biomedik Universitas Brawijaya
2011-sekarang

Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia
(Cum Laude)
2007-2011

SMU Negeri 3 Malang, Indonesia
Kelas Akselerasi (2 tahun di SMU)
2005-2007

 

PENGHARGAAN

Peraih Penghargaan The HRH Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneur

 

Peraih Penghargaan Unilever Sustainibility Living Young Entrepreneur Award

Peraih Penghargaan “ANUGERAH KARYA INSPIRATIF” 2011 dari Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia

Peraih Penghargaan AusAID Indonesian Social Innovator Award 2013

Peraih Pengharagaan Promising Social Innovator Award 2013

Peraih Penghargaan People Choice Award 2013

Penghargaan Walikota Malang  2014 sebagai Penemu Kreatif Pengelolaan Sampah

Peraih Penghargaan Ashoka YoungChangeMaker 2012

 

PRESTASI

Juara I LKTI Nasional Akupuntur Medsmotion

Juara I Poster Ilmiah Medical Fiesta

Juara II LKTI Nasional SMSO

Juara III LKTI Nasional Tetralogy of Fallot

Juara IV MITI PAPAR CHALANGE Tingkat Nasional

Juara Harapan I LKTI Chronic Disease Medical Fiesta Se Jawa Bali

Finalis LKTI Nasional Scientific Atmosphere

Juara 1 Lomba Karya Tulis Al-Quran

Juara Harapan 1 PKM GT

 

PENGALAMAN ORGANISASI

Koordinator Asia tenggara ISECN (International Union Health Promotion and Education Student and Early Career Network)

Founder dan CEO Indonesia Medika

Hubungan Luar Negeri Masyarakat Ilmuan Teknologi Indonesia Kluster Mahasiswa

 

Presiden Inspiring Moslem Youth Community

Direktur CV. Griya Sehat

Kepala Bidang PSDM Bulan Sabit Merah Indonesia Cabang Malang

Founder dan Branch Mark IndoAID (Indonesia Agency for International Development)

Branch Mark La Tahzan Fund Foundation

 

Dewan Eksekutif Pusat KKI dan Advokasi FULDFK

0 Komentar

Belum ada komentar