Sukses

Malas Sarapan Bikin Gemuk, Kok Bisa?

Banyak orang melewatkan sarapan dengan alasan sibuk. Hati-hati, ternyata malas sarapan bisa bikin gemuk.

Sarapan merupakan bagian penting dari memulai hari. Sarapan akan membuat Anda lebih bersemangat, dapat menjaga konsentrasi, mencegah penyakit mag, bahkan menurunkan berat badan. Nah, berikut akan kami bahas mengenai hubungan antara sarapan dan berat badan.

Melewatkan sarapan dan langsung memulai aktivitas membuat tubuh bekerja tanpa pasokan energi awal. Dengan demikian, tubuh akan menggunakan cadangan energi untuk mendukung aktivitas hingga ada sumber energi lain yang masuk. Ini mengakibatkan kebutuhan akan pasokan energi membesar saat makan siang

Tak heran jika Anda akan merasa sangat lapar pada siang harinya. Anda pun akan cenderung makan siang dalam porsi yang besar. Padahal jika sarapan, hanya dengan makanan sederhana dan porsi yang kecil, Anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi porsi makan pada siang hari.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk melihat efek sarapan terhadap kesehatan, terutama berat badan. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Epidemiology (2003), orang yang melewatkan sarapan ternyata berisiko lebih tinggi mengalami obesitas.

Sebuah penelitian lain pada The Journal of Rural Medicine (2014) menemukan hasil yang serupa. Bahkan, melewatkan sarapan memiliki korelasi yang lebih kuat dengan peningkatan berat badan dibandingkan dengan kebiasaan makan sebelum tidur, yang selama ini selalu dikaitkan dengan diet tidak sehat.

Yuk, mulai kebiasaan sarapan dari sekarang! Persiapkan pagi Anda dengan sarapan yang sehat untuk memberikan energi lebih. Buah-buahan dan oat adalah beberapa pilihan yang tepat.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar