HomeGaya hidupDiet dan NutrisiPerhatian! Jangan Pernah Simpan Tomat di Kulkas!
Diet dan Nutrisi

Perhatian! Jangan Pernah Simpan Tomat di Kulkas!

dr. Valda Garcia, 31 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak sedikit orang yang punya kebiasaan menyimpan tomat di kulkas. Padahal ini tidak dianjurkan, lho. Jadi, bagaimana cara menyimpan tomat yang baik?

Perhatian! Jangan Pernah Simpan Tomat di Kulkas!

Tomat adalah salah satu buah favorit banyak orang. Selain rasanya yang manis dan segar, tomat juga bisa diolah menjadi berbagai macam sajian. 

Warna merah pada tomat banyak mengandung likopen, yaitu senyawa antioksidan. Senyawa ini dapat melawan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi, dan sinar ultraviolet.

Tomat juga menyimpan vitamin A dan vitamin C yang tinggi di dalamnya, sehingga baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Sayangnya, tomat bisa gampang membusuk apabila tidak disimpan dengan benar. Anda juga tidak disarankan untuk menyimpan tomat di kulkas. Apa alasannya? Baca penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Menyimpan Tomat di Kulkas Berbahaya?

Sebagian besar orang terbiasa menyimpan tomat di kulkas. Mungkin Anda salah satunya. 

Banyak orang berpikir bahwa tomat akan lebih segar saat disimpan di kulkas sehingga rasanya pun lebih nikmat, serta memperpanjang usia simpannya. 

Faktanya, menyimpan tomat tak perlu di kulkas. Suhu di bawah 10 derajat Celcius tidak baik untuk proses pematangan dari tomat. 

Tomat yang berada di kulkas akan menjadi merah dan tidak merata. Selain itu, kandungan air dan rasa manisnya pun akan berkurang.

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa mendinginkan tomat selama seminggu bisa mengurangi aktivitas gen tertentu, yang bertanggung jawab untuk cita rasa tomat yang lebih manis dan kompleks.

Jadi, manfaat tomat sebenarnya akan lebih terasa jika dimasak hingga mendidih. 

Studi membuktikan bahwa likopen akan lebih ampuh dan mudah diserap tubuh pada pemanasan suhu lebih dari 88 derajat Celsius selama rentan waktu tertentu, 

Artikel lainnya: Tomat, Tumbuhan Bermanfaat yang Menyimpan Racun Mematikan 

Tips Menyimpan Tomat yang Benar

Lalu, bagaimana cara menyimpan tomat yang benar agar tidak merusak rasa atau kulitnya?

Untuk tomat yang sudah sangat matang, memang sebaiknya Anda menyimpannya di kulkas agar tidak cepat membusuk. 

Karena dengan dimasukkan ke dalam kulkas, proses pematangan tomat akan berjalan lebih lambat dibandingkan dengan dibiarkan di luar.

Sedangkan untuk tomat yang masih belum matang atau masih muda, bisa disimpan dalam suhu ruangan dan hindari dari paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini dapat membantu proses pematangan tomat lebih merata.

Itulah alasan mengapa Anda sebaiknya tidak menyimpan tomat di kulkas. Hal tersebut ternyata dapat memengaruhi rasa dari tomat. 

Jika memang Anda ingin menyimpan tomat di kulkas, perhatikan tingkat kematangannya terlebih dahulu, ya.

Ingin tanya lebih lanjut mengenai cara menyimpan makanan yang benar? Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter melalui Live Chat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

[RS]

tomatkulkas

Konsultasi Dokter Terkait