Sukses

Nasi Putih Bikin Gemuk? Ini Faktanya

Banyak orang Indonesia mengganggap dirinya belum makan kalau tidak mengonsumsi nasi putih. Di sisi lain, ada juga yang takut makan nasi putih karena diklaim membuat gemuk. Benarkah itu?

Ketika bertemu saudara atau teman lama yang terlihat lebih singset dari biasanya, secara spontan Anda mungkin akan mengatakan, “Eh, sekarang kok kurusan? Apa sih rahasianya?”.

 “Tak makan nasi putih sama sekali.” Itulah jawaban yang paling sering diucapkan. Tapi, benarkah nasi putih membuat gemuk sehingga perlu dihindari?

Nasi putih merupakan sumber karbohidrat. Ia juga mengandung sedikit protein, tetapi sama sekali tidak mengandung lemak. Dibandingkan dengan nasi merah, kadar serat di dalam nasi putih 6 kali lebih sedikit.

Hal tersebut disebabkan karena nasi putih berasal dari biji beras yang mengalami pengolahan sehingga bagian inti dan kulitnya hilang. Kedua bagian inilah yang mengandung serat dan zat gizi penting lainnya.

Jenis karbohidrat di dalam nasi putih sebagian besar dalam bentuk pati (starch), yang tersusun dari amilose dan amilopektin. Perbedaan kadar amilose dan amilopektin dalam satu jenis nasi putih memengaruhi tekstur dan kemudahan nasi tersebut untuk dicerna.

Nasi putih yang lebih tinggi kadar amilosenya, tidak akan lengket setelah dimasak. Amilose memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga gula darah pun meningkat secara perlahan.

Senyawa tersebut juga termasuk salah satu jenis serat yang menyehatkan karena merupakan sumber makanan yang baik untuk bakteri-bakteri ‘baik’ di dalam usus. Bakteri usus yang ‘baik’ akan memicu pengeluaran sinyal ‘kenyang’ ke otak sehingga seseorang berhenti makan.

Sebaliknya, nasi putih dengan kadar amilose yang rendah dan amilopektin yang tinggi membuatnya lengket setelah dimasak. Nasi jenis ini lebih mudah dicerna, tetapi akan membuat gula darah cepat meningkat, khususnya pada penderita diabetes.

Jadi, apakah nasi putih memang membuat gemuk? Itu semua tergantung dari jenis nasi putih yang dimakan dan bagaimana Anda mengonsumsinya.

Jika Anda penyuka nasi putih, dalam satu kali porsi makan dianjurkan untuk membatasi konsumsi nasi putih hanya ¼ piring atau satu genggaman tangan Anda. Selain nasi sebagai sumber karbohidrat, makanan yang sehat juga harus mengandung protein, lemak yang sehat, dan serat dalam jumlah yang seimbang.

Selama Anda tidak mengonsumsi secara berlebihan, nasi putih tidak akan membuat gemuk. Hal yang penting untuk diperhatikan adalah untuk selalu menambahkan serat.

Serat bisa didapat dari sayur-sayuran dan buah-buahan dalam makanan Anda. Sayur dan buah akan membuat rasa kenyang Anda bertahan lama, sehingga tidak mudah lapar dan berat badan terkontrol.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar