Sukses

Kecanduan Donat? Anda Bisa Kena Penyakit Ini

Apa yang terjadi pada tubuh Anda jika makan donat setiap hari? Baca selengkapnya di sini.

Donat selalu menjadi camilan favorit berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun ternyata, si camilan bundar ini dapat berakibat buruk jika dikonsumsi setiap hari. Apa sajakah dampaknya bagi kesehatan?

  • Peningkatan berat badan

Makan donat rasanya tak cukup kalau hanya satu. Apalagi jika rasanya adalah kegemaran Anda, tak terasa ½ lusin donat bisa dihabiskan sendirian.

Tapi hati-hati, kalori donat termasuk tinggi! Satu buah donat paling tidak terdiri atas 350 kalori atau setara dengan 1 mangkuk nasi putih. Sementara itu, penambahan 3.500 kalori dapat meningkatkan ½ kg berat badan Anda.

Bayangkan, bagaimana jika Anda makan satu buah donat setiap hari selama 10 hari tanpa berolahraga? Timbangan Anda sudah pasti akan melonjak ½ kg dalam waktu 10 hari!

  • Penyakit jantung

Satu buah donat sehari akan memenuhi angka maksimal asupan lemak trans yang diperbolehkan oleh tubuh. Sedangkan, asupan lemak trans sering kali diperoleh dari makanan lainnya seperti gorengan, cokelat, makanan olahan, keripik, dan masih banyak lagi.

Konsumsi lemak trans berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol, trigliserida, dan risiko penyakit jantung.

  • Diabetes

Topping donat yang beragam sangat tinggi akan gula. Bahkan, donat yang tidak ditambahkan topping apa pun juga tinggi akan gula.

Satu buah donat paling tidak terdiri atas 5 sdt gula. Sedangkan, maksimum asupan harian gula orang dewasa adalah 6 sdt. Tentu tidak mungkin asupan gula Anda dalam sehari hanya donat saja. Konsumsi makanan yang tinggi gula dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.  

Donat memang memiliki rasa yang lezat. Namun sayangnya, rasa yang lezat ini tidak diimbangi dengan nutrisi yang seimbang. Bahan utama pembuatan donat adalah tepung yang berarti karbohidrat sederhana.

Karbohidrat yang terdapat pada donat tidak menyediakan cukup protein dan serat yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu, batasi konsumsi donat maksimal 1 minggu sekali dan tidak lebih dari satu.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar