Sukses

Sederet Manfaat Minyak Ikan bagi Kesehatan

Tahukah Anda bahwa minyak ikan merupakan salah satu asupan yang dapat mencegah berbagai penyakit?

Belakangan ini, banyak orang yang kerap mengonsumsi minyak ikan karena terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Sebenarnya, apa yang menjadikan minyak ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan?

Kandungan omega-3 –yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh manusia membuat minyak ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Anda bisa mendapatkan manfaat minyak ikan dengan mengonsumsi suplemen. Selain itu juga bisa dengan mengonsumsi ikan sarden, ikan tuna, salmon, atau ikan anchovy yang merupakan ikan dengan kandungan omega terbanyak secara langsung.

Nah, kandungan omega-3 pada minyak ikan bermanfaat untuk:

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan omega-3 pada minyak ikan dapat menurunkan kadar trigliserida. Hal ini akan turut menurunkan risiko Anda terkena tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

  1. Mengurangi risiko stroke

Omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan memiliki efek protektif pada pembuluh darah. Dengan demikian, berbagai faktor risiko stroke –seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol– dapat diminimalkan.

  1. Menurunkan peradangan

Omega-3 bermanfaat dalam menurunkan peradangan pada tubuh manusia. Karena itu, banyak penyakit yang juga dapat dicegah dengan pemberian minyak ikan. Berbagai penyakit –seperti gangguan ginjal, glaukoma, peradangan usus– dipercaya memiliki perbaikan gejala dengan adanya suplementasi minyak ikan.

  1. Suplemen untuk otak

Minyak ikan juga dijuluki sebagai ‘makanan otak’. Ini karena konsumsi minyak secara rutin dan teratur kerap dikaitkan dengan perbaikan gejala pada penderita depresi, gangguan bipolar, psikosis dan penyakit Alzheimer (pikun).

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari suplementasi minyak ikan, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat yang lainnya. Jangan lupakan pola makan rendah garam, tinggi sayur dan kaya buah-buahan. Tidak lupa pula olahraga teratur untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat. Yuk, mulai konsumsi minyak ikan!

(NB)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar