Sukses

Telat Haid Satu Bulan, Yakin Hamil?

Telat haid belum tentu hamil, lho! Ada beberapa penyebab yang bisa mendasari kondisi tersebut.

Telat haid sering kali diasosiasikan dengan kehamilan. Namun sebenarnya, telat haid bukanlah tanda pasti kehamilan. Berikut ini sebagian penyebab yang mungkin mendasari terjadinya telat haid:

  • Kehamilan

Saat terjadinya kehamilan, dinding rahim tidak akan diluruhkan dan haid tidak akan terjadi. Hal ini pulalah yang mendasari tidak adanya haid pada ibu hamil.

  • Adanya stres pada tubuh

Misalnya gangguan makan berupa anoreksia, penurunan berat badan secara drastis, stres psikologis berat, dan peningkatan aktivitas fisik (misalnya olahraga berat) juga dapat menyebabkan haid telat.

  • Sindrom ovarium polikistik

Ini merupakan gangguan sistem hormon dalam tubuh, dengan gejala berupa ketidakteraturan haid. Dalam pemeriksaan akan ditemukan gambaran indung telur yang membesar dan terdiri dari ruang-ruang berisi cairan.

  • Penyakit radang panggul

Penyakit yang dapat memberikan gejala berupa nyeri pinggang ini disebabkan oleh infeksi pada organ-organ reproduksi. Penyakit radang panggul juga dapat memberikan gejala berupa telat haid.

  • Penyebab-penyebab lain

Seperti kegagalan fungsi indung telur prematur, gangguan hormonal tubuh, efek samping obat, dan lain-lain.

Oleh karena itu, telat haid selalu berarti hamil. Kemungkinan terjadinya kehamilan tentunya akan lebih tinggi saat disertai data-data lain, misalnya riwayat berhubungan seksual saat masa subur atau terdapat tanda-tanda kehamilan. Apalagi bila telah terbukti lewat pemeriksaan urine di test pack dan ultrasonografi rahim oleh dokter.

Sangat disarankan bagi Anda yang mengalami telat haid untuk berkonsultasi pada dokter, agar penyebab pastinya dapat ditentukan.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar