Sukses

Aktivitas Sederhana yang Banyak Membakar Kalori

Ternyata, banyak sekali aktivitas sederhana yang bisa membakar kalori tanpa harus ke gym. Apa saja aktivitas tersebut?

Ingin menurunkan berat badan tapi terlalu sibuk? Kabar baik: ada aktivitas-aktivitas sederhana yang ternyata bisa membakar kalori, tanpa harus ke gym!       

Meski demikian, untuk mencegah kenaikan berat badan, tetap dianjurkan untuk berolahraga dengan intensitas sedang. Lakukan minimal 150 menit per minggu tanpa meningkatkan jumlah kalori yang Anda konsumsi.

Berikut ini aktivitas-aktivitas yang dapat membakar banyak kalori:

  • Belanja

Anda hobi berbelanja? Mendorong trolley di swalayan selama 1 jam ternyata bisa membakar 1½ mangkuk porsi nasi putih atau setara dengan 243 kalori! Ingin membakar kalori lebih banyak? Masukkan sendiri barang belanjaan (ketimbang dibantu oleh petugas kasir), angkat ke mobil, dan kembalikan trolley ke tempat semula.

  • Membersihkan meja

Siapa bilang pekerjaan rumah tangga tidak membakar kalori? Ternyata membersihkan meja, rak buku, atau lemari selama 30 menit dapat membakar sebanyak 80 kalori. Lumayan banyak, kan?

  • Menyetrika

Selain pakaian menjadi licin, menyetrika juga bisa membakar kalori cukup banyak, yaitu 76.5 kalori selama 30 menit. Ayo, jangan malas menyetrika pakaian Anda sendiri!

  • Berkebun

Bagi Anda yang hobi berkebun, ini kabar bahagia untuk Anda! Selain membuat halaman rumah menjadi indah, berkebun juga bisa membakar kalori hingga 648 kalori dalam waktu 2 jam!

  • Memotong rumput

Rumput di halaman rumah sudah mulai tinggi dan berantakan? Jangan buru-buru menelepon tukang kebun langganan Anda! Kini cobalah memotong rumput halaman rumah Anda sendiri, karena memotong rumput selama 1 jam dapat membakar 324 kalori.

  • Berciuman

Meski tak banyak membakar kalori ketimbang mengerjakan pekerjaan rumah, tetapi nyatanya berciuman selama 30 menit dapat membakar 36 kalori! Bonusnya tentu saja hubungan Anda dan pasangan menjadi lebih intim.

Selain itu, Anda dapat meningkatkan aktivitas fisik dengan melakukan beberapa aktivitas yang bisa digolongkan intensitas ringan-sedang. Lakukan -10 menit setiap harinya– kegiatan di bawah ini:

  • Naik tangga dibandingkan naik lift/eskalator
  • Turun dari kendaraan umum lebih jauh supaya Anda berjalan ke tempat tujuan
  • Memarkir kendaraan lebih jauh supaya Anda berjalan
  • Pekerjaan rumah tangga, seperti menyapu, mengepel, mencuci piring

Dengan menurunkan paling tidak 5% dari berat badan, Anda dapat menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan obesitas, seperti penyakit kardiovaskular ataupun stroke. Penurunan berat badan yang dianjurkan adalah 0.5-1 kg per minggu melalui diet dan berolahraga.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar