Sehat dan Bugar

6 Cara Ampuh Hilangkan Perut Buncit

dr. Nadia Octavia, 10 Des 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidak hanya mengganggu penampilan, perut buncit juga bisa menjadi sarang penyakit.

6 Cara Ampuh Hilangkan Perut Buncit

Perut buncit dikenal juga sebagai obesitas sentral. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari makanan hingga adanya bakteria perut. Lalu, bagaimana cara yang efektif untuk menghilangkan perut buncit?

1. Olahraga

Usahakan untuk melakukan olahraga intensitas sedang minimal 30 menit selama 5 kali per minggu. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang sulit atau mahal.

Jogging atau berjalan cepat juga sudah cukup efektif. Selain itu, untuk mendapatkan perut yang rata, ada beberapa latihan yang bisa Anda lakukan seperti sit-up atau plank.

2. Jaga pola makan

Pola makan memainkan peranan yang besar dalam menjaga ‘kelangsingan’ perut Anda. Berdasarkan riset, orang yang mengonsumsi serat larut sebanyak 10 gram setiap hari akan lebih sedikit terbentuk lemak viseral dibandingkan dengan yang tidak. Serat sebanyak 10 gram tersebut setara dengan 2 buah apel berukuran kecil.  

3. Perhatikan minuman

Saat diet, kadang orang hanya memperhatikan asupan makanan saja. Ternyata minuman juga dapat menyumbang kalori yang cukup besar, lho –kecuali Anda minum air putih saja.

Ya, satu-satunya minuman yang tidak berkalori hanyalah air putih. Minuman lainnya seperti jus, kopi, dan teh mengandung kalori yang cukup tinggi (apalagi jika disajikan dengan gula pasir). Bayangkan jika Anda minum bergelas-gelas dalam sehari.

4. Tidur yang cukup

Jika Anda cukup tidur selama 7-8 jam setiap hari, maka risiko penumpukan lemak pada perut juga akan berkurang. Hal ini dikarenakan beberapa hormon bekerja lebih baik saat Anda tidur pada malam hari. Jika siklus tidur terganggu, siklus hormonal pun akan terganggu dan Anda lebih berisiko mengalami penumpukan lemak.

5. Hindari stres

Stres merupakan hal alamiah yang tentu saja dialami setiap orang. Namun, sayangnya terlalu sering stres dapat memicu peningkatan hormon kortisol dan dapat berujung pada kegemukan. Anda bisa melakukan berbagai cara untuk menangkal stres, seperti melakukan meditasi, relaksasi, berkumpul dengan teman, dan sebagainya.

6. Buatlah catatan pribadi

Catatlah apa saja yang Anda makan dan aktivitas olahraga yang dilakukan. Kini juga banyak aplikasi yang memudahkan Anda menulis jurnal harian. Hal ini tentu memudahkan untuk memantau pencapaian dan progress penurunan berat badan (atau pengecilan lingkar perut) Anda.

Cara-cara di atas terlihat mudah untuk dilakukan, bukan? Namun, melaksanakannya memang sering terasa sulit. Yang terpenting adalah niat dan usaha, niscaya perlahan Anda akan mendapatkan hasilnya.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini, silakan berkonsultasi dengan dokter kami melalui Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Gratis, lho!

[RS/RH] 

Perut RataPerut BuncitOlahraga

Konsultasi Dokter Terkait