Kulit

Hindari Makanan Ini Agar Kulit Berseri

dr. Arina Heidyana, 31 Agt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apa yang kamu konsumsi memengaruhi penampilan kulit. Itulah mengapa ada beberapa makanan yang perlu dihindari karena bisa membuat kulit kusam.

Hindari Makanan Ini Agar Kulit Berseri

Pepatah “you are what you eat” bukanlah isapan jempol belaka. Apa yang kamu makan dan minum memang memengaruhi penampilan kulit. Karena itu, waspadalah terhadap jenis-jenis makanan yang membuat kulit kusam.

Di dalam kulit, terdapat elastin dan kolagen yang penting untuk keutuhan dan kecantikan kulit. Nah, kedua komponen penting ini sangat dipengaruhi oleh jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Ini daftar makanan penyebab kulit kusam yang patut dihindari agar kulit glowing:

1. Kue-Kue Manis, Biskuit, dan Permen

Kenali Efek Beragam Bahan Pembuat Kue bagi Kesehatan (WithGod/Shutterstock)

Makanan-makanan ini mengandung karbohidrat sederhana, yaitu glukosa dalam bentuk yang sangat mudah diserap oleh tubuh. 

Glukosa yang terserap dari karbohidrat sederhana akan membuat kadar gula darah naik dengan cepat. Kondisi gula darah yang tinggi ini dapat merusak kolagen. 

Selain itu, karbohidrat sederhana menyebabkan gula darah cepat naik namun juga cepat turun. Akibatnya, kamu akan cenderung mudah lapar dan tergoda untuk mengonsumsi camilan yang tidak sehat (gorengan atau makanan manis lainnya).

2. Serealia Tertentu

Jangan tertipu dengan serealia “sehat”! Serealia yang benar-benar menyehatkan adalah sereal yang berupa biji utuh (whole grain) dan berwarna lebih kecokelatan. 

Banyak serealia yang diklaim sehat, tetapi ternyata merupakan karbohidrat olahan dan memiliki kadar gula yang tinggi. Kamu perlu cermat memperhatikan tampilannya. 

Apabila tampilan serealia berwarna putih dan sangat mudah hancur atau lumat saat dikunyah, kemungkinan itu merupakan makanan olahan yang berasal dari karbohidrat sederhana.

Artikel lainnya: Inilah Berbagai Manfaat Olahraga untuk Kulit Anda

3. Keripik

Keripik juga menjadi salah satu makanan yang buruk untuk kulit. Pasalnya, keripik padat dengan karbohidrat olahan, sehingga dapat meningkatkan peradangan yang memicu kerusakan kolagen. Akibatnya, kulit tampak berkerut, menua, dan lebih banyak garis-garis halus.

Karbohidrat olahan juga memicu timbulnya jerawat. Keripik yang digoreng dengan minyak juga dapat menimbulkan bahaya kelebihan asupan lemak jenuh dan tidak sehat.

4. Smoothies dan Jus Kemasan

Label “sehat” pada jus maupun smoothies kemasan umumnya semu. Gula di dalam jus dan smoothies kemasan sering kali sudah tidak alami. Artinya, rasa manis bukan berasal dari buah, melainkan tambahan pemanis.

Kandungan serat di dalam kedua minuman itu juga sangat rendah. Padahal, serat penting untuk mencegah peningkatan gula darah yang cepat, yang dapat memicu penuaan dini pada kulit.

Bila kamu menyukai smoothies atau jus buah, sebaiknya buat sendiri dan tidak menambahkan pemanis seperti gula pasir dan sejenisnya. Perhatikan pula komposisi dan kandungan gula pada merek smoothies yang kamu beli.

5. Minuman Bersoda

Kadar gula di dalam minuman bersoda sangat tinggi. Hal ini sangat berpotensi merusak kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan bila dikonsumsi dalam jangka panjang.

Minuman bersoda juga biasanya tinggi kandungan kafein. Kafein sendiri bersifat sebagai dehidrator, atau mampu menyebabkan pengeluaran air dari tubuh yang lebih banyak.

Ketika tidak dibarengi dengan asupan air putih yang cukup, kulit akan menjadi kering. Kulit kering adalah awal mula kulit kusam.

6. Makanan Siap Saji

Suka Makan Fast Food? Ini Tips Sehatnya

Makanan siap saji tidak diragukan lagi merupakan makanan yang harus dihindari agar kulit tampak putih. Selain tinggi karbohidrat, makanan siap saji juga tinggi akan lemak jenuh. Lemak jenuh memicu timbulnya flek-flek dan jerawat.

Selain buruk untuk kulit, makanan ini sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Tingginya kadar lemak dan garam di dalamnya meningkatkan risiko munculnya penyakit jantung. Karena itu, hindari konsumsi makanan cepat saji berlebihan, ya!

Artikel lainnya: Ciri-ciri Kulit Sensitif dan Cara Perawatannya

7. Margarin

Makanan yang bikin wajah kusam lainnya adalah margarin. Sebab, margarin kaya akan kandungan lemak. 

Lemak memang penting untuk mempertahankan elastisitas dan kekencangan kulit. Namun, tidak semua lemak itu sehat.

Asam lemak trans yang sering ditemukan di dalam margarin akan mengurangi kandungan air di dalam kulit, sehingga kulit tampak keriput. Untuk itu, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi margarin berlebihan demi mewujudkan kulit berseri.

8. Roti Putih dan Nasi Putih

Roti putih dan nasi putih termasuk makanan yang membuat kulit kusam sekaligus cepat meningkatkan gula darah. Selanjutnya, hal ini akan meningkatkan hormon yang memproduksi minyak kulit sehingga memicu timbulnya jerawat.

Sumber karbohidrat seperti nasi merah dan roti gandum lebih disarankan untuk kulit yang lebih berseri dan sehat!

9. Kopi dan Teh

Minum kopi dan teh sah-sah saja. Namun, kalau mengonsumsinya berlebihan, kamu bisa saja merasakan efek samping kafein terhadap kesehatan kulit.

Kafein dianggap berkontribusi pada terjadinya kondisi kulit yang lebih kering. Hati-hati, kulit kering rentan tidak bercahaya dan kusam.

10. Daging yang Terproses

Sosis Siap Makan, Apakah Ada Nutrisinya untuk Anak?

Makanan penyebab kulit kusam berikutnya adalah daging yang terproses. Makanan yang tergolong dalam kelompok ini adalah olahan daging seperti kornet, sosis, dan daging asap (smoked beef).

Olahan daging seperti itu relatif kurang sehat dibandingkan daging asli, karena mengandung tinggi garam. 

Selain itu, makanan tersebut tinggi akan nitrat. Nitrat diteliti berpotensi merusak kolagen. Saat kolagen rusak, kulit cenderung kusam.

Artikel lainnya: Mengenal Struktur Kulit Manusia

11. Daging Berlemak Tinggi

Daging berlemak tinggi juga merupakan makanan yang bikin wajah kusam. Daging berlemak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Jika dikonsumsi berlebihan, maka dapat meningkatkan peradangan di dalam tubuh.

Daging berlemak juga dinilai menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, batasi konsumsi daging berlemak. Lebih baik pilih potongan daging yang rendah lemak untuk mewujudkan wajah cerah berseri.

12. Susu Sapi

Bagi kamu pencinta susu sapi, hati-hati! Susu sapi juga diklaim dapat membuat kulit kusam. 

Susu mengandung komponen yang berhubungan dengan hormon testosteron, yang dapat merangsang kelenjar minyak di kulit, memicu jerawat, kulit berminyak, dan kusam.

Susu juga dinilai dapat meningkatkan peradangan di dalam tubuh. Peradangan dapat menyumbat pori-pori kulit, sehingga memicu berbagai permasalahan di kulit.

13. Makanan Kaleng

Meski praktis, tapi makanan kaleng masih termasuk makanan yang buruk untuk kulit.

Makanan kaleng yang diawetkan mengandung natrium dalam jumlah tinggi. Natrium yang tinggi dapat membuat kulit tampak bengkak dan kering, karena kandungan air pada kulit tertahan.

Sebaiknya jenis-jenis makanan yang membuat kulit kusam di atas tidak dikonsumsi berlebihan demi mewujudkan kondisi kulit yang sehat dan berseri!

Lebih baik perbanyak makan makanan yang baik untuk kulit seperti alpukat, ikan salmon, biji-bijian, brokoli, ubi jalar oranye, dan lain-lain.

Baca artikel-artikel kecantikan kulit lainnya di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa konsultasi dokter kulit lebih cepat dan mudah!

(FR/JKT)

Referensi:

Nutrients. Diakses 2022. Diet and Skin Aging-From the Perspective of Food Nutrition.

The Journal of Investigative Dermatology. Diakses 2022. High-Fat Diet Exacerbates Early Psoriatic Skin Inflammation Independent of Obesity: Saturated Fatty Acids as Key Players. 

Journal of the American Academy of Dermatology. Diakses 2022. Family history, body mass index, selected dietary factors, menstrual history, and risk of moderate to severe acne in adolescents and young adults.

Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology. Diakses 2022. Linking diet to acne metabolomics, inflammation, and comedogenesis: an update.

kulitmakanan

Konsultasi Dokter Terkait