Sukses

Hindari Aktivitas ini Saat Hamil Pertama

Kehamilan pertama pasti menjadi berita bahagia bagi sang mom-to-be dan pasangan. Yuk, simak artikel ini agar kehamilan tetap sehat!

Kehamilan pertama tentu menjadi hal yang membahagiakan bagi pasangan yang sudah menantikan kehadiran si buah hati. Namun, proses kehamilan pertama biasanya masih banyak menimbulkan pertanyaan –apa yang harus dilakukan, dan apa yang sebaiknya dihindari.

Namun yang pasti, banyak beraktivitas dan berolahraga sangat direkomendasikan selama kehamilan. Hal ini akan membuat tidur menjadi lebih baik, stamina bertambah, dan mood bagus (ya, ibu hamil memang biasanya moody). Namun, ada beberapa aktivitas fisik yang sebaiknya dihindari. Apa saja aktivitas tersebut?

  • Aktivitas yang berisiko jatuh

Jika biasanya Anda rutin bersepeda, selama hamil ada baiknya beralih ke mengayuh sepeda statis di dalam ruangan. Mengendarai motor juga sebenarnya diperbolehkan, tetapi karena memiliki risiko jatuh yang cukup tinggi, sebaiknya dikurangi atau pilih moda transportasi yang lain.

  • Aktivitas yang dapat membuat tubuh ‘terlalu’ panas

Jika udara di luar terlalu panas, sebisa mungkin lakukan kegiatan Anda di dalam ruangan. Anda bisa tetap melakukan senam hamil di rumah, sehingga suhu tubuh yang meningkat saat berolahraga dapat diantisipasi.

Hindari sauna atau olahraga yang mengandalkan udara panas (seperti Bikram yoga) selama kehamilan. Pastikan Anda minum cukup air untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

  • Berbaring telentang

Berbaring telentang sah-sah saja asalkan Anda berganti posisi setiap beberapa menit. Seiring semakin membesarnya rahim, berbaring telentang dapat menyebabkan terhambatnya sirkulasi darah ke kaki dan juga ke janin. Karena itu, saat tidur usahakan berbaring dalam posisi miring ke salah satu sisi tubuh, supaya Anda tidak berada dalam posisi telentang dalam waktu lama.

Kehamilan pertama memang menyenangkan, tetapi jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan memerhatikan keadaan tubuh Anda maupun janin. Selalu periksakan kehamilan sesuai jadwal dan segera komunikasikan dengan dokter kandungan jika ada keluhan.

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar