Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatBerita KesehatanIni Penyebab Kematian Fidel Castro
Berita Kesehatan

Ini Penyebab Kematian Fidel Castro

dr. Dyah Novita Anggraini, 28 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Beberapa hari lalu, masyarakat dunia dikejutkan dengan meninggalnya mantan presiden Kuba, Fidel Castro. Apa penyebab kematiannya?

Ini Penyebab Kematian Fidel Castro

Ikon revolusi Kuba Fidel Castro mengembuskan napas dalam usia 90 tahun, pada 25 November 2016. Ia terbilang pribadi yang sehat sejak muda. Namun, kesehatannya menurun pada sepuluh tahun terakhir masa hidupnya.

Penyebab kematian Fidel belum diketahui, tetapi ada banyak spekulasi yang mengatakan bahwa ia meninggal karena penyakit divertikulitis yang pernah dideritanya. Pada tahun 2006, Fidel memang dirawat di rumah sakit karena penyakit divertikulitis.

Saat menderita penyakit tersebut, ia mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis. Akibat kondisi kesehatan yang semakin memburuk, di usia ke-80 tahun, Fidel menyerahkan tongkat kekuasaan kepada adiknya.

Sebenarnya, apa itu divertikulitis? Divertikulitis terjadi jika suatu kantong terbentuk pada usus besar (divertikula) dan mengalami infeksi. Diverkulitis umumnya dialami oleh seseorang yang sudah berusia di atas 40 tahun, karena faktor melemahnya dinding usus.

Gejala khas penderita divertikulitis adalah nyeri perut di bagian bawah yang terasa semakin nyeri saat penderita bergerak. Gejala lainnya adalah demam menggigil, perut kembung, mual, dan tidak nafsu makan.

Waspadai jika Anda mengalami salah satu dari gejala di atas seperti nyeri perut yang semakin nyeri saat bergerak. Salah satu kemungkinannya adalah divertikulitis.

Segera kunjungi dokter untuk mengetahui penyebabnya. Pemeriksaan yang dilakukan biasanya berupa pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang (pemeriksaan darah, pemeriksaan sinar-X, atau CT scan pada daerah perut). 

Jika memang terdiagnosis divertikulitis, Anda harus segera mendapat terapi antibiotik. Tujuannya agar infeksi bakteri dapat segera teratasi.

Penanganan yang terlambat akan membuat bagian usus yang mengalami infeksi lebih meluas. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan dilakukan tindakan pembedahan untuk mengangkat bagian usus yang terinfeksi, seperti yang dilakukan oleh mendiang Fidel Castro.

[RS/RH]

KematianUsusFidel Castro

Konsultasi Dokter Terkait