Sukses

Berat Badan Berlebih, Hati-Hati Diabetes

Berat badan berlebih, selain mengganggu penampilan, juga tidak baik bagi kesehatan. Salah satu penyakit yang bisa menyerang adalah diabetes.

Menurut World Health Organization (WHO), setidaknya ada 2.8 juta orang di dunia yang meninggal setiap tahunnya karena berat badan berlebih (overweight) dan obesitas. Jumlah orang dewasa yang menderita obesitas selalu bertambah setiap tahunnya.

Peningkatan jumalh tersebut berkaitan dengan gaya hidup modern. Misalnya, tingginya konsumsi karbohidrat dan kurangnya olahraga.

Untuk menilai berat badan seseorang masih dalam batas normal atau tidak, diperlukan penghitungan body mass index (BMI). Rumus: berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m) pangkat dua. Orang dewasa dikatakan overweight bila BMI ³ 25 dan obesitas bila BMI ³ 30.

Berat badan berlebih dapat menimbulkan gangguan metabolik dan masalah kesehatan, salah satunya diabetes melitus tipe 2. Hampir 90% penderita diabetes pada usia 16-54 tahun memiliki berat badan berlebih.

Apa hubungan berat badan dan obesitas?

Seseorang yang mengalami obesitas semakin lama menjadi kurang sensitif terhadap insulin (resistensi insulin). Insulin adalah hormon yang dihasilkan sel beta pankreas yang berfungsi untuk menyerap gula atau glukosa dalam darah, sehingga kadar gula dalam darah tetap normal.

Lemak viseral pada penderita obesitas akan meningkatkan pelepasan asam lemak bebas yang menyebabkan resistensi insulin. Sel beta pankreas menjadi bekerja lebih keras untuk memproduksi insulin.

Semakin lama, sel beta pankreas mengalami kelelahan dan tidak mampu lagi memproduksi insulin dalam jumlah cukup. Akibatnya, kadar gula dalam darah meningkat.

Gula darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan koma dan kematian. Sekalipun terkontrol, diabetes melitus tetap berisiko menyebabkan kerusakan organ tubuh dan menimbulkan komplikasi,

Diabetes dapat menyebabkan komolikasi berupa gagal ginjal, kebutaan, penyakit jantung, dan stroke. Selain diabetes, berat badan berlebih juga dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit lainnya seperti stroke, hipertensi, penyakit jantung, osteoartritis, batu empedu, dan sebagainya.

Obesitas sebetulnya dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat, diet sehat, dan olahraga teratur. Maka dari itu, jagalah berat badan agar tetap ideal mulai dari sekarang!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar