Kesehatan Umum

Tahukah Anda Bahwa Usia Anda yang Sebenarnya Dapat Tercermin Dari Bagian Tubuh Ini?

dr. Melyawati Hermawan Sp.KK, 16 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada salah satu bagian tubuh yang tidak bisa ‘berbohong’ soal usia Anda. Bagian itu adalah tangan. Bagaimana caranya?

Tahukah Anda Bahwa Usia Anda yang Sebenarnya Dapat Tercermin Dari Bagian Tubuh Ini?

Berbagai usaha dilakukan seseorang agar terlihat lebih muda, terutama untuk kulit wajah. Namun, terlepas dari berbagai usaha yang telah dilakukan, ada beberapa area tubuh yang tampaknya tidak bisa ‘berbohong’. Salah satunya adalah area tangan.

Pernah melihat bagaimana seorang artis yang sudah memasuki usia senja, memiliki wajah yang terlihat awet muda? Coba perhatikan bagian tangannya. Keriput dan pembuluh darah yang tampak jelas di tangan terlihat kontras dengan kulit wajah yang kencang.

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering terkena paparan sinar ultraviolet atau kontak dengan berbagai zat (kimiawi atau nonkimiawi). Tangan juga bukan area yang mudah dilindungi mengingat fungsinya pada aktivitas sehari-hari.

Selain itu, kulit tangan biasanya tidak terlalu diperhatikan seperti kulit wajah. Karenanya, tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang dapat mencerminkan usia Anda sesungguhnya.

Tanda-tanda penuaan yang dapat terlihat pada kulit tangan, di antaranya timbulnya bercak cokelat atau hitam, keriput, dan pembuluh darah yang terlihat lebih jelas. Biasanya mulai terlihat di usia 40-an, atau lebih awal bila terlalu sering terkena paparan sinar ultraviolet maupun kontak dengan berbagai zat.

Lalu, apa yang bisa dilakukan agar kulit tangan tidak mudah menua?

  • Rajin gunakan SPF lotion & pelembap

Tidak perlu perawatan ekstra untuk tangan. Cukup dengan rajin menggunakan SPF lotion dan pelembap. Selama ini, kalau biasanya Anda hanya menggunakan SPF lotion dan pelembap untuk wajah, biasakan untuk mengaplikasikannya juga pada tangan.

Penggunaan SPF lotion dan pelembap di tangan dapat dilakukan lebih sering, karena sehari-hari frekuensi mencuci tangan pasti lebih sering dibandingkan dengan wajah.  Untuk Anda yang terbiasa menyetir kendaraan atau melakukan aktivitas di luar ruangan, sering-seringlah mengoleskan SPF lotion pada area tangan.

Agar tidak lupa, bawa selalu SPF lotion dan pelembap tangan di dalam tas. Bila memungkinkan, pakailah sarung tangan untuk melindungi tangan, terutama untuk Anda yang melakukan pekerjaan kasar.

  • Aplikasikan krim wajah pada tangan

Setiap kali selesai mengaplikasikan krim wajah, gunakan krim yang tersisa di jari tangan atau ambil sedikit krim yang sama ke punggung tangan. Dengan demikian, kulit tangan juga akan mendapatkan nutrisi yang sama dengan wajah.

  • Cuci tangan seperlunya saja

Cuci tangan seperlunya saja, tidak perlu berlebihan. Ingat bahwa air saja dapat mengikis kelembapan alamiah kulit, apalagi bila ditambahkan dengan sabun. Karena itu, aplikasikan ulang pelembap setiap selesai mencuci tangan. Ini berguna untuk mengembalikan kelembapan yang hilang saat mencuci tangan.

Semakin awal kebiasaan tersebut dilakukan maka akan semakin baik. Tangan pun bisa tetap awet muda, sama seperti wajah Anda!

[RS/RH]

tangankulitAwet Muda

Konsultasi Dokter Terkait