Kulit

6 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik Secara Tradisional

dr. Dyan Mega Inderawati, 20 Sep 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Cara mengatasi kulit kering dan bersisik bisa dengan rutin memakai krim pelembap hingga menggunakan produk perawatan yang lembut agar kelembapan alami kulit tetap terjaga.

6 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik Secara Tradisional

Kulit kering dan bersisik adalah gangguan kulit yang umum dialami semua orang. Cara mengatasi kondisi ini pada dasarnya adalah dengan menggunakan produk atau melakukan kebiasaan yang bisa mengembalikan kelembapan kulit alami. Pasalnya, kulit yang kering, berisisik, dan keriput terjadi karena lapisan luar kulit rusak dan kehilangan kelembapannya.

Penyebab hilangnya kelembapan kulit alami beragam, bisa karena terpapar sinar matahari dan bahan kimia keras, efek obat-obatan, hingga akibat penyakit tertentu, seperti psoriasis, dermatitis, hingga kanker

Kerutan bahkan dapat muncul sejak dini. Sebuah penelitian di Cina membuktikan bahwa kerutan kulit dapat muncul pertama kali di usia 21 tahun. Sedangkan elastisitas kulit sendiri akan mulai berkurang di usia 22 tahun.

Berikut adalah cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara tradisional yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan Krim Pelembap

Penggunaan pelembap yang berjenis krim dapat menjadi salah satu solusi untuk memberikan kelembutan ekstra bagi tipe kulit kering. Pelembap ini harus digunakan sesering mungkin, terutama saat beraktivitas di ruangan ber-AC. 

Namun, sebaiknya gunakan krim pelembap yang tidak mengandung pewangi atau bahan aktif yang bisa sebabkan iritasi kulit. Bahan alami yang baik untuk melembapkan kulit di antaranya adalah minyak zaitun, minyak jojoba, dan petrolatum. 

2. Hindari Mandi Air Panas

Air panas dapat menghilangkan kelembapan kulit, membuat kulit kering, bersisik, dan terlihat kusam. Untuk membuat kulit tetap lembap, biasakan mandi dengan air bersuhu normal atau sedikit lebih hangat dari air keran di rumah. Selain itu, batasi waktu mandi dengan air hangat tidak lebih dari 5-10 menit.

3. Pakai Sabun Mandi Tanpa Kandungan Bahan Kimia Keras

Untuk mengatasi kulit kering agar tidak semakin parah, kamu perlu memilih sabun mandi yang tepat. Sabun mandi yang cocok untuk kulit kering dan bersisik adalah yang berbahan lembut dengan pH normal, yakni sekitar 5,5. 

4. Pakai Produk Perawatan Kulit yang Lembut

Cara merawat kulit yang bersisik dan kering bisa dilakukan dengan menggunakan produk perawatan yang tepat. Gunakan produk perawatan kulit yang lembut dan bebas pewangi. Kamu bisa memilih produk pembersih wajah yang lembut dan bebas alergen. Jika membeli produk perawatan kulit, pastikan sudah berlabel bebas pewangi, tidak mengandung alkohol, dan hipoalergenik. 

5. Konsumsi Ikan dan Biji Rami

Cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara tradisional salah satunya adalah banyak mengonsumsi ikan dan biji rami. Ikan dan biji rami banyak mengandung asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit. Di samping itu, asam lemak esensial juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel di kulit.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Asupan air putih yang cukup bisa menjaga agar kulit tetap sehat dan lembap. Faktanya, 64% kulit kita terdiri dari air. Jadi bila kurang minum air, otomatis kulit akan menjadi kering, bersisik, dan mudah mengalami kerutan. Cukupi kebutuhan cairan dengan minum sedikitnya 8 gelas per hari.

Cara-cara tersebut merupakan langkah yang mudah diterapkan dan terbukti efektif bila Anda konsisten. Prinsipnya, semakin awal Anda menjaga kulit tetap lembap dan sehat, semakin jauh juga risiko kulit kering, bersisik, dan berkerut. Dengan demikian, penuaan dini juga dapat semaksimal mungkin dihindari.

Jika kamu ingin berkonsultasi langsung dengan dokter, kamu bisa chat dokter spesialis kulit online di Klikdokter. Download aplikasi Klikdokter sekarang juga, ya!

[RS/RH]

Penuaan DiniKulit KeringKulit Bersisik

Konsultasi Dokter Terkait