Gigi Mulut

7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

drg. Callista Argentina, 13 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin tahu seperti apa cara memutihkan gigi yang benar-benar efektif dan terbukti kebenarannya? Cari tahu di sini.

7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Pernahkah Anda membaca tentang cara untuk memutihkan gigi menggunakan campuran buah stroberi dan baking soda, berkumur minyak kelapa ataupun perasan buah lemon? Pernah Anda praktikkan? Bagaimana hasilnya? Tidak efektif, bukan?

Sebuah penelitian di Kedokteran Gigi Universitas Iowa, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa cara memutihkan gigi yang banyak masyarakat temukan di internet tidak melulu efektif. Bahkan, Prof. Kwon dari Universitas Iowa, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa cara-cara di atas dapat melunakkan lapisan enamel gigi Anda, lho!

Lantas, seperti apa cara memutihkan gigi yang benar-benar efektif dan dapat dibuktikan kebenarannya?

1. Sikat gigi teratur

Sikat gigi secara teratur dapat membuat gigi Anda tetap bersih secara pasti. Sikatlah gigi Anda menggunakan sikat gigi berbulu lembut, minimal 2 kali sehari.

Sikatlah gigi di pagi hari –setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Gunakan metode bass, yaitu menempatkan kepala sikat gigi 45? ke arah akar gigi (di antara pertemuan gigi dan gusi).

2. Flossing yang benar

Gunakan dental floss atau benang gigi berkualitas baik. Caranya, kaitkan benang gigi pada jari telunjuk kanan dan kiri. Kemudian masukkan ke sela-sela gigi, dan gerakkan membentuk huruf C menyisir sisi gigi depannya, diikuti dengan gigi sisi satunya. Dengan demikian, sisa makanan tidak akan terbentuk menjadi plak gigi.

3. Gunakan pasta gigi ini

Gunakan pasta gigi pemutih yang mengandung carbamide peroxide atau hydrogen peroxide. Pasta gigi yang demikian terbukti dapat memutihkan dan membersihkan permukaan gigi dari noda makanan ataupun minuman.

4. Gunakan campuran baking soda dan/atau sodium bicarbonate

Baking soda memiliki butiran halus yang dapat membantu membersihkan noda pada permukaan gigi. Namun demikian, penelitian menunjukkan bahwa meyikat gigi dengan pasta gigi mengandung sodium bicarbonate memberikan hasil yang lebih baik.

5. Pergi ke dokter gigi

Bersihkan karang gigi dan noda gigi di dokter gigi. Tindakan yang disebut scaling ini wajib dilakukan minimal 6 bulan sekali, sebanyak 2 kali dalam setahun. Jika Anda melakukannya, karang gigi dan noda pada gigi –termasuk sela-sela gigi– akan hilang seketika.

6.Kurangi asupan ini

Kopi, buah beri, red wine, dan minuman bersoda lainnya sebaiknya dikurangi. Atau jika tidak bisa, bilaslah gigi Anda dengan air putih, diikuti dengan menyikat gigi 30 menit setelahnya.

7. Hentikan kebiasaan ini

Hentikan kebiasaan merokok. Asap rokok akan membuat warna gigi Anda menjadi gelap. Di samping itu juga meninggalkan noda, yang sebagian besar terdapat pada permukaan gigi bagian dalam.

Agar tidak membuang waktu, biaya, dan usaha yang percuma, lakukanlah cara memutihkan gigi di atas secara disiplin. Dengan demikian, gigi Anda akan terlihat bersih, sehat dan berkilau indah bak barisan mutiara.

(NB/RH)

GigiCara Memutihkan Gigimemutihkan gigi

Konsultasi Dokter Terkait