Perawatan Wanita

Makan Ini Jika Ingin Rambut Indah dan Sehat

dr. Nadia Octavia, 08 Nov 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Rambut juga memerlukan nutrisi agar tetap sehat dan terawat. Apa saja makanan yang baik untuk rambut?

Makan Ini Jika Ingin Rambut Indah dan Sehat

Rambut diumpamakan sebagai mahkota bagi wanita. Tak heran jika para wanita (bahkan juga pria) melakukan berbagai cara agar senantiasa memiliki rambut yang indah.

Berbagai cara dilakukan. Mulai dari perawatan masker, creambath di salon, hingga menggunakan berbagai produk perawatan rambut. Namun, untuk memperoleh rambut yang indah dan sehat, nutrisi dari dalam juga sangat penting.

Protein

Rambut terdiri atas protein, jadi pastikan Anda mengonsumsi cukup protein jika ingin memiliki rambut yang kuat dan sehat. Kekurangan protein dapat membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan mudah rontok.

Dari mana mendapatkan protein? Ayam, ikan, telur, daging, telur, produk olahan susu, serta kacang-kacangan adalah sumber terbaik.

Besi

Besi merupakan mineral penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut. Jika Anda kekurangan zat besi (anemia), maka Anda lebih rentan mengalami kerontokan rambut.

Untuk mendapatkan asupan besi yang cukup, konsumsilah sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung. Selain itu, besi juga bisa diperoleh dari daging, ayam, dan ikan.  

Vitamin C

Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang baik untuk merangsang pembentukan kolagen. Fungsinya untuk menguatkan pembuluh darah ke kulit kepala. Vitamin C bisa diperoleh dari kiwi, jeruk, pepaya, jambu, brokoli, dan stroberi.

Omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelembapan rambut. Omega-3 bisa didapat dari salmon, sarden, makerel, ataupun dari sumber nabati seperti alpukat dan kacang-kacangan.

Vitamin A

Vitamin A dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sebum atau kelenjar minyak. Kelenjar minyak diperlukan rambut sebagai kondisioner alami kulit kepala. Tanpa adanya kelenjar minyak, rambut pun akan kering dan gatal. Ingin mendapatkan asupan vitamin A yang cukup? Perbanyaklah konsumsi wortel, ubi, dan labu.

Zink dan selenium

Untuk melindungi kulit kepala agar tetap sehat, tubuh membutuhkan mineral penting seperti zink dan selenium. Kekurangan dua zat ini dapat menyebabkan rambut kering dan mudah rontok. Anda bisa memperoleh zink dan selenium dari tiram, daging, telur, dan gandum.

Vitamin E

Sinar matahari tidak hanya bisa merusak kulit, tetapi juga rambut. Untuk itu, asupan vitamin E yang cukup sangat penting untuk melindungi rambut. Anda bisa memperolehnya dari kacang-kacangan.

Biotin

Biotin merupakan vitamin B yang larut dalam air. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut mudah rapuh dan mudah rontok. Karena itu, cukupilah konsumsi makanan yang tinggi biotin seperti gandum, hati, kuning telur, dan kacang kedelai.

[RS/RH]

RambutKesehatan RambutNutrisi Rambut

Konsultasi Dokter Terkait