Sehat dan Bugar

Kenapa Pria Jadi Buncit Setelah Menikah?

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 07 Okt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Pria yang sudah menikah cenderung memiliki perut yang buncit. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Kenapa Pria Jadi Buncit Setelah Menikah?

Istilah ‘dad body’ mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh pria yang menyerupai ‘bapak-bapak’, dengan perut yang semakin membuncit setelah menikah dan menjadi seorang ayah. Mengapa ini terjadi?

Penelitian terkini yang dipublikasikan di jurnal kesehatan Families, Systems & Health dapat menjawab pertanyaan tersebut. Penelitian tersebut membandingkan pola makan, aktivitas fisik, dan berat badan antara pria yang sudah menikah dan yang belum menikah. Hasilnya, pria yang sudah menikah memiliki kemungkinan 25% lebih tinggi untuk menjadi gemuk dibandingkan pria yang masih lajang.

Para pakar mempercayai bahwa salah satu alasan untuk menjelaskan temuan ini adalah bahwa pria yang sudah menikah cenderung merasa lebih nyaman dengan gaya hidup dan penampilan mereka. Sedangkan pria lajang akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk tampil prima. Penelitian lain di tahun 2013 yang mempelajari 160 pasangan suami istri juga menyebutkan bahwa semakin nyaman seseorang dalam hubungannya, semakin tinggi pula peningkatan berat badan yang dialami.

Di samping itu, pria yang berkeluarga secara otomatis memiliki kewajiban finansial yang lebih tinggi. Karena tidak hanya harus membiayai diri sendiri, namun juga keluarganya. Dengan meningkatnya tanggung jawab tersebut, waktu yang tersisa bagi pria untuk berolahraga menjadi berkurang. Pola makan pun menjadi tidak teratur. Kurangnya aktivitas fisik dan ketidakseimbangan nutrisi juga dapat menjadi faktor penyebab membuncitnya perut pria setelah menikah.

Waspada, peningkatan berat badan pada pria dapat dikaitkan dengan terjadinya obesitas, serangan jantung, dan diabetes. Jadi, bagi para pria yang sudah menikah, sebaiknya tetap menerapkan pola makan yang sehat serta melakukan olahraga favorit secara rutin dan teratur. Hal ini tidak hanya untuk memastikan bahwa Anda tetap tampil prima, namun juga menjaga kesehatan tubuh hingga tua.

(NB/RH)

menikahBuncitPria

Konsultasi Dokter Terkait