Sukses

Manfaat Rumah Bersih dan Rapi untuk Kesehatan

Banyak sekali sisi positif yang Anda dapatkan jika rumah bersih dan tertata rapi. Apa saja manfaatnya?

Beberapa orang mungkin kurang menyukai kegiatan bersih-bersih rumah dan berharap bisa melakukannya dengan cara yang lebih mudah. Padahal, dengan rumah yang bersih dan rapi, Anda pun akan lebih bersemangat saat beraktivitas di dalamnya. Lalu, apa saja manfaat rumah yang bersih dan rapi bagi kesehatan?                         

  1. Menciptakan lingkungan yang lebih sehat

Bakteri, debu, jamur yang tumbuh subur dalam rumah dapat menyebabkan berbagai penyakit –mulai dari reaksi alergi, gejala flu dan batuk, hingga asma. Untuk menurunkan risiko terkena penyakit, membersihkan rumah secara rutin sangatlah penting. Jangan lupa, gunakan pembersih disinfektan untuk membunuh bakteri, virus, serta kuman lainnya.

  1. Tidak merasa bersalah saat menikmati waktu santai

Ada kalanya Anda ingin menikmati waktu bersantai, namun terganggu dengan kewajiban yang belum diselesaikan. Salah satunya adalah kegiatan bersih-bersih. Karena itu, buatlah jadwal bergiliran untuk bagian-bagian rumah yang ingin dibersihkan, sehingga di akhir pekan Anda dapat menikmati waktu santai karena semua pekerjaan rumah sudah terselesaikan.

  1. Meningkatkan produktivitas kerja

Rumah yang bersih dan rapi akan membuat Anda lebih fokus dan tenang untuk bekerja, sehingga Anda akan menjadi lebih produktif.

  1. Membuat mood menjadi lebih baik

Mungkin ada saatnya Anda merasa terpuruk di dalam situasi yang di luar kendali Anda. Coba perhatikan! Apakah Anda melihat tumpukan barang-barang, mainan berserakan, kotoran menggumpal, remah-remah di bawah meja makan? Hal tersebut dapat meningkatkan kecemasan dan rasa frustrasi Anda.

  1. Membakar kalori

Jadikan kegiatan bersih-bersih rumah sebagai ajang untuk membakar kalori. Lumayan, bukan? Apalagi untuk Anda yang tidak menyukai olahraga tapi ingin tetap aktif dan sehat.

  1. Memberikan kepuasan dan rasa bahagia dalam diri

Keberhasilan Anda dalam membersihkan kamar mandi atau menyingkirkan tumpukan-tumpukan barang dari pandangan, pasti  akan membuat Anda lebih bersemangat dan gembira. Anda pun akan ‘ketagihan’ untuk melakukannya, karena sudah terbiasa dengan keadaan rumah yang bersih dan rapi.

  1. Menurunkan risiko kecelakaan dalam rumah

Menjaga kerapian rumah dapat menurunkan risiko terjadinya cedera dalam rumah. Mainan yang berserakan dapat membuat Anda terpeleset dan jatuh, tumpukan kotak besar yang tinggi menjulang dapat menimpa dan melukai anak-anak, dan seterusnya. Dengan menata dan membereskannya sesuai tempat, maka dapat membuat keluarga terhindar dari risiko tersebut.

Dengan membersihkan rumah secara rutin, tentu Anda akan mendapatkan manfaat kesehatan yang besar untuk diri sendiri maupun keluarga. Selamat bersih-bersih rumah!

[RS]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar