Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatJantung6 Tanda Serangan Jantung Saat Olahraga yang Perlu Diwaspadai
Jantung

6 Tanda Serangan Jantung Saat Olahraga yang Perlu Diwaspadai

Siti Putri Nurmayani, 26 Jun 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Serangan jantung bisa terjadi kapan saja, termasuk saat sedang olahraga. Ini 6 tanda serangan jantung saat olahraga yang patut diwaspadai.

6 Tanda Serangan Jantung Saat Olahraga yang Perlu Diwaspadai

Serangan jantung bisa menyerang kapan saja, termasuk saat kamu sedang berolahraga.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati, ketika sedang olahraga, kerja jantung ikut meningkat. Risiko terkena serangan jantung saat olahraga pun bertambah.

Meski begitu, risikonya dinilai tidak terlalu besar bagi kamu yang terbiasa berolahraga. Menurut American College of Cardiology, risiko kena serangan jantung saat olahraga meningkat 56 kali lipat pada orang yang tidak biasa melakukan aktivitas fisik.

Lalu, apa saja tanda serangan jantung saat olahraga yang mungkin terjadi?

1. Dada Terasa Tidak Nyaman

Dada terasa tidak nyaman saat berolahraga bisa jadi pertanda serangan jantung. Kondisi ini ditandai dengan dada terasa berat, panas, sesak, dan nyeri seperti diremas.

Rasa nyeri yang dirasakan bisa datang dan pergi. Pada beberapa kasus, nyeri di dada terbilang ringan. Meski begitu, jangan anggap sepele, hentikan aktivitas olahraga segera apabila kamu mengalaminya.

2. Sesak Napas

Selain dada terasa tidak nyaman, gejala serangan jantung saat olahraga biasanya disertai sesak napas. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, sesak napas juga bisa terjadi sebelum rasa tidak nyaman di dada muncul.

Oleh karena itu, dr. Dyan menyarankan agar segera menghentikan segala aktivitas ketika kamu mengalami sesak napas saat berolahraga. 

3. Keringat Dingin

Keringat Dingin

Keringat mengucur selama berolahraga lumrah terjadi. Namun, kamu patut waspada apabila yang mengalir adalah keringat dingin disertai mual.

Gejala ini menandakan terjadi sesuatu yang tidak normal pada jantung kamu.

4. Kelainan Irama Jantung

Detak jantung yang berdegup kencang atau iramanya tidak beraturan bisa menjadi tanda akan adanya serangan jantung saat olahraga. Segera hentikan aktivitas dan beristirahatlah apabila kamu mengalaminya.

Untuk memastikan kondisi jantung, cari bantuan medis secepatnya, ya!

Artikel Lainnya: Ciri-Ciri Serangan Jantung yang Mesti Diwaspadai

5. Rasa Tidak Nyaman pada Bagian Tubuh Lain

Selain dada, serangan jantung saat olahraga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di bagian tubuh lainnya. Nyeri bisa kamu rasakan di area lengan, perut, dan punggung.

Bahkan, nyeri bisa menyebar ke bahu, leher, rahang, hingga gigi.

6. Pusing

Lelah saat olahraga wajar terjadi, terutama jika kamu tidak terbiasa melakukan aktivitas fisik. Namun, kamu perlu menghentikan segala aktivitas apabila merasa pusing saat berolahraga. Sebab ini adalah salah satu gejala serangan jantung saat olahraga.

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama Saat Terjadi Serangan Jantung

Dokter Dyan mengatakan waktu untuk menyelamatkan jantung sangatlah singkat dan harus dilakukan dalam kurun 30-60 menit setelah serangan jantung terjadi.

Karena itu, segera hubungi nomor panggilan darurat 119 atau 112 ketika kamu mengalami tanda-tanda serangan jantung saat olahraga. Layanan ini gratis dan bisa kamu hubungi lewat telepon seluler maupun rumah.

Meski ada risiko mengalami serangan jantung selama berolahraga, bukan berarti aktivitas fisik yang menyehatkan ini perlu kamu hindari. #JagaSehatmu dengan tetap berolahraga sesuai kapasitas diri, tidak berlebihan, dan tetap mewaspadai tanda-tanda serangan jantung.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar gejala serangan jantung, manfaatkan layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi dengan spesialis jantung.

(ADT/JKT)

Tanda Serangan Jantung

Konsultasi Dokter Terkait