Kesehatan Umum

Jangan Dimakan, Ini 5 Bahaya Mengonsumsi Makanan Kedaluwarsa

dr. Theresia Yunita, 15 Feb 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Konsumsi makanan kedaluwarsa bisa menimbulkan dampak berbahaya bagi tubuh. Apa saja bahaya makanan kedaluwarsa? Yuk, simak di sini.

Jangan Dimakan, Ini 5 Bahaya Mengonsumsi Makanan Kedaluwarsa

Sebelum membeli ataupun menyantap makanan, penting untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa. Bila sudah lewat masanya, lebih baik jangan dimakan.

Kalau kamu masih bandel menyantapnya, tidak menutup kemungkinan ada bahaya makanan kedaluwarsa yang bisa timbul.

Berikut ini beberapa efek makan makanan kedaluwarsa yang buruk bagi kesehatan:

1. Kekurangan Nutrisi

Makanan yang sudah kedaluwarsa akan kehilangan sebagian besar nutrisinya. Apabila kamu mengonsumsi makanan yang sudah lewat dari tanggal kedaluwarsanya, kamu akan rentan mengalami kurang gizi. 

Walaupun sudah mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup, tetap saja makanan kedaluwarsa tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi dengan sempurna.

2. Keracunan Makanan

Pernah mengalami muntah-muntah atau diare setelah makan makanan kedaluwarsa? Mungkin kamu mengalami keracunan makanan

Jika keracunan ini cukup serius, maka infeksi pencernaan bisa terjadi dan membutuhkan penanganan lebih lanjut. 

3. Infeksi Pencernaan 

Makanan kedaluwarsa dapat mengandung bakteri dan jamur dalam jumlah yang sudah tidak aman lagi bagi kesehatan tubuh. 

Apabila makan makanan kedaluwarsa, gejala-gejala gangguan saluran cerna dapat timbul, seperti mual, muntah, nyeri perut, demam, pusing, dan diare.

4. Mual Muntah dan Diare 

Masalah pencernaan merupakan bahaya makanan kedaluwarsa yang umum terjadi. Gangguan pencernaan yang muncul ditandai dengan mual, muntah, ataupun diare

Apabila muntah dan diare yang timbul hebat dan berkepanjangan, tubuh dapat mengalami kekurangan cairan dan terkena dehidrasi.

5. Sembelit

Gejala keracunan makanan akibat makanan kedaluwarsa bisa muncul 2-6 jam setelah sistem pencernaan terpapar bakteri. Salah satu keluhan yang dapat timbul adalah sembelit.

Selain itu, penderita juga bisa mengalami kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, dan berkeringat saat mengalami food poisoning.

6. Berbahaya bagi Janin 

Para bumil, hati-hati, ya, dalam mengonsumsi makanan. Makan makanan kedaluwarsa saat hamil berpotensi membahayakan kesehatan janin.

#JagaSehatmu, jangan sampai kesehatan terganggu karena makanan basi dan kedaluwarsa. Efek makan makanan kedaluwarsa di atas bisa menurunkan imun tubuh.

Makanan tinggi protein seperti telur, daging, ikan, dan susu akan sangat mudah ditumbuhi bakteri dan jamur jika sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa. Jadi, kamu harus berhati-hati sebelum mengonsumsinya.

Makanan yang kita masak umumnya tidak memiliki tanggal kedaluwarsa. Jika makanan berada pada suhu kamar lebih dari dua jam, buanglah. 

Setelah menyiapkan makanan, simpan sisa makanan dengan cepat untuk menghindari kontaminasi. Jaga dapur dan meja makan tetap bersih dan bebas dari bakteri berbahaya‌. 

Jika ada makanan sisa, segera bekukan untuk mencegah kontaminasi. Gunakan wadah tertutup dan bersih, ya. 

Perut terasa tak enak setelah makan? Yuk, konsultasi dengan ahlinya lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(FR/NM)

kedaluwarsamakanan kedaluwarsa

Konsultasi Dokter Terkait